Menteri PPN Kepala Bappenas Apresiasi Perkembangan Alutsista Buatan PT Pindad

- 8 November 2019, 18:17 WIB

MENTERI Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengapresiasi perkembangan produksi alat utama sistem pertahanan (alutsista) dalam negeri oleh PT Pindad yang terus berkembang.

“Kita boleh bangga kan dengan kemampuan Pindad yang dari tahun ke tahun ada proses yang mengagumkan. Saya ke sini mungkin sudah lama sekali, saya datang ke sini dan saya ingin melihat kemampuan terbaru nya seperti apa,” kata Suharso saat berkunjung kerja ke PT Pindad, Kota Bandung, Jumat (8/11/2019).

Menurut Menteri, alutsista yang juga terdiri dari kendaraan taktis (Rantis) dan kendaraan tempur (Ranpur) menjadi salah satu konsentrasi pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam lima tahun ke depan.

Dia menyebut Presiden Jokowi ingin agar alutsista yang digunakan militer dapat diproduksi dalam negeri.

Maka dari itu, dia juga mendorong Pindad agar dapat bekerja sama dengan pelaku-pelaku industri alutsista luar negeri.

Menurutnya produksi alutsista perlu terus meningkat baik dari kapasitas produksi maupun kualitasnya.

“Kita juga dorong untuk bekerja sama dengan pelaku-pelaku industri pertahanan luar negeri, dan saya kita itu adalah kerja sama yang baik,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose menuturkan sudah ada beberapa program untuk mendukung target peningkatan produksi alutsista di Pindad.

Dia menjelaskan, program Pindad diantaranya yakni pembangunan pabrik propelan, pembangunan lini produksi Munisi Kaliber Besar (MKB), pembangunan lini produksi Ranpur, otomatisasi dan modernisasi lini produksi senjata, peningkatan kapasitas dan kemampuan lini produksi Munisi Kaliber Kecil (MKK), pembangunan lini produksi truk angkut, dan pembangunan advance warfare system.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X