Lulusan STAI Sabili Harus Mampu Bersaing dengan Perguruan Tinggi Lain

- 12 November 2019, 17:34 WIB

SEBANYAK 346 lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sabili mengikuti sidang terbuka senat, dalam rangka prosesi wisuda sarjana tahun akademik 2018/2019. 

Ratusan lulusan tersebut, berasal dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah). 

Ketua STAI Sabili, Yus Hermansyah mengatakan, bahwa daya serap lulusannya mencapai 80 persen, di antaranya telah diterima menjadi karyawan di berbagai institusi, perusahaan, maupun pemerintahan. 

Lebih jauh, tidak sedikit para lulusan yang sudah mendapatkan pekerjaan sebelum diwisuda, maupun yang telah memiliki usaha mandiri atau berwirausaha.

"Rata-rata perusahaan menawarkan langsung ke mahasiswa bersangkutan atau meminta kepada pihak kampus. Setelah melihat kompetensi mereka selama proses magang," ungkapnya usai kegiatan wisuda di Gedung Balai Sartika, Jln. Suryalaya, Kota Bandung, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0, pihaknya melakukan penyesuaian kurikulum, terutama dengan kebutuhan perusahaan. Seperti melalui program pendidikan jarak jauh, termasuk pemenuhan sarana dan prasarana yang sesuai perkembangan teknologi digital.

"Kami juga terus berupaya meningkatkan kompetensi SDM, baik mahasiswa maupun para dosen, sehingga jumlah guru besar kami saat ini berjumlah enam orang," katanya.

Yus menjelaskan, untuk lulusan dari prodi PAI, telah tersebar di sejumlah wilayah di Jawa Barat, mulai menjadi tenaga pendidik atau guru, baik di jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP. 

"Ada juga yang beberapa di antaranya menjadi wirausaha dengan mendirikan yayasan bagi PAUD maupun TK," ucapnya.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X