Oded Kembali Raih Penghargaan Kihajar

- 15 November 2019, 10:34 WIB

WALI Kota Bandung, Oded M. Danial meraih penghargaan kategori madya dalam Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penghargaan ini diberikan atas komitmen Oded memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bandung.

Oded menerima penghargaan yang diberikan Sekjen Kemendikbud RI, Didik Suhardi di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (14/11/2019) malam.

Usai menerima penghragaan Oded mengungkapkan, Kota Bandung memang fokus menggunaan TIK lewat Sistem Informasi dan Manajemen Pendidikan (Simdik). Di antara sederet aplikasi yang cukup menonjol yaitu Seleksi Kepala Sekolah Profesional (Si Kasep).

Melalui aplikasi si Kasep, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyeleksi calon kepala sekolah secara objektif. Sehingga, kepala sekolah yang lolos sesuai dengan standarisasi kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan.

"Ada si Kasep. Alhamdulillah Kota Bandung dalam rekruitmen kepala sekolah ini dari 500 kepala sekolah yang ikut seleksi, 79 orang lolos tanpa KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Dijamin, karena pakai sistem TIK," kata Oded.

Oded menyatakan, untuk menjaga kualitas pendidikan juga harus didukung oleh transparansi pengelolaan keuangan. Untuk itu Pemkot Bandung menerapkan  aplikasi Cetak Elektronik Keuangan Anggaran Sekolah (Cekas). Melalui aplikasi ini anggaran dari pemerintah bisa terserap secara maksimal untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat.

"Alhamdulillah dengan Cekas ini keuangan lebih transparansi dan bebas dari korupsi. Ini juga mendapat penghargaan dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," ungkapnya.

Selain si Kasep dan Cekas, dalam Simdik Disdik Kota Bandung juga terdapat pengolahan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Sistem Otomatisasi Pemetaan dan Distribusi Guru serta Administrasi Online atau E-Office. Kemudian beragam layanan Disdik Kota Bandung juga telah online.

Teknologi juga dimanfaatkan membuat wadah pembelajaran lewat aplikasi Sakola Juara (Sakoja). Di dalamnya terdapat Pusat Sumber Belajar, Pusat Budaya Bandung, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Online serta Aplikasi Bimbingan Konseling dan Perkembangan Siswa.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X