Iqbal Fakhri Ramadhan, Berawal dari Bolos Jadi Lolos ke LKS Nasional 2020

- 22 November 2019, 13:15 WIB

SIAPA sangka siswa yang pernah bolos sekolah demi menyaksikan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Kabupaten Bogor ini berhasil menjadi delegasi terbaik Jawa Barat di bidang IT Network System Administration LKS SMK Tingkat Nasional Tahun 2020.

Dia adalah Iqbal Fakhri Ramadhan. Iqbal dikenal anak yang mempunyai semangat tinggi dalam belajar. Bahkan, ia sempat memohon kepada sekolah untuk diizinkan menginap di laboratorium. Hal tersebut ia lakukan agar mudah mempelajari semua strategi yang akan diterapkan saat kompetisi.

“Alhamdulilah, saya sangat bersyukur dengan pencapaian ini, mengingat perjalanan menuju titik ini tidaklah mudah. Saya harus terlebih dahulu mengikuti berbagai tahap penyeleksian, mulai dari sekolah, kabupaten hingga tingkat provinsi seperti sekarang,” tuturnya, saat diwawancarai usai dinobatkan sebagai juara di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bandung, Jln. Kliningan, Kota Bandung, Kamis (21/11/2019) .

Siswa SMKN 1 Cibinong Kabupaten Bogor ini sukses menyelesaikan 4 modul dengan nilai tinggi. Iqbal meraih nilai tertinggi dengan skor 83,93, terpaut cukup jauh dengan peringkat 2 dan 3, yakni sekitar 30 poin.

“Sebenarnya yang saya kerjakan saat lomba adalah memahami soal dan memaksimalkan waktu yang ada. Lomba ini kan berfokus pada jaringan internet dan komputer seperti yang biasa digunakan saat UNBK atau perkantoran. Saya coba menghubungkan dan mengonfigurasikannya,” ungkapnya.

Siswa kelahiran Jakarta, 8 Desember 2001 ini telah mempersiapkan dengan matang sebelum menghadapi kompetitornya di tingkat provinsi. Termasuk, konsisten berlatih bersama pembimbing, aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang mengajarkannya network serta berlatih intensif selama 2 minggu menjelang perlombaan.

“Proses latihan dimulai sejak kelas X menjelang kelas XI. Sebelumnya, saya sama sekali tidak pernah belajar IT Network System. Awalnya, saya hanya mengikuti organisasi di sekolah. Tetapi, seiring berjalannya waktu jadi hobi juga,” ucap Iqbal.

Ekskul Network Evolution Technology Information and Knowledge (NEVTIK) adalah wadah bagi siswa untuk belajar mengenai jaringan. Komunitas yang ada di jurusan teknologi komputer jaringan ini merupakan tempat Iqbal berlatih.

Pembimbing sekaligus guru SMKN 1 Cibinong, Danu Winardi mengaku bangga atas prestasi yang diraih Iqbal. Terlebih, LKS merupakan ajang yang ditunggu-tunggu seluruh SMK di Jabar. “Kami sebagai pembimbing hanya memberikan arahan dan mengajarkan, sisanya anak-anak yang menjalankan. Semua bergantung pada semangat dan kemauan sang anak,” tuturnya seperti dikutip laman disdik.jabarprov.go.id.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

X