Timnas U-23 Gagal Salip Vietnam di Grup B SEA Games 2019 Filipina

- 1 Desember 2019, 21:24 WIB

TIMNAS U-23 gagal mengambil alih posisi pemuncak klasemen Group B, SEA Games 2019 usai ditundukkan oleh Vietnam dengan skor 2-1 di Stadion Rizal Memorium, Ahad (1/12/2019) malam.

Tanpa diperkuat Egy Maulana dan Evan Dimas di babak pertama, tim Garuda Muda tampil sangat berhati-hati saat menghadapi Vietnam. Terlebih, di 10 menit awal, pasukan Park Hang-See hanya menunggu momen serangan balik (bertahan).

Kedua tim pun baru bermain secara terbuka pada menit ke-15, namun, baik Timnas U-23 maupun Vietnam masih belum bisa memaksimalkan peluang dan memecahkan kebuntuan.

Tujuh menit kemudia, Indonesia baru membuka gol melalui sundulan Rizki Sani. Proses gol pun terjadi begitu cepat setelah Saddil melakukan umpan crossing ke arah gawang yang di jaga Bui Tien Dung.

Sebenarnya bola crossing Saddil ke arah gawang Vietnam sudah bisa diantisipasi, Bui, namun bola malah membentur ke tiang gawang dan dapat disambut Rizki. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 bagi Indonesia.

Setelah tertinggal 1 gol, anak asuh Park Hang-See terus melakukan tekanan. Akan tetapi, pertahanan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan masih menyulitkan para pemain depan Vietnam.

Saking sulitnya ditembus, pemain tengah Vietnam, Nguyen Trong Hoang sempat melancarkan tembakan keras terarah dari luar kotak penalti, tetapi, bola tembakan tersebut masih bisa ditangkap Nadeo Winata.

Hingga turun minum Vietnam masih belum bisa menyamakan kedudukann dan Indonesia masih unggul sementara dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, Indra Sjafri, masih belum juga melakukan rotasi. Berbeda dengan Park Hang, ia mulai memasukan pemain yang sempat mencatatkan 4 gol saat menghadapi Brunei, yakni Ha Duc Chinh.

Terbukti, hingga menit ke-60, Timnas U-23 masih belum bisa keluar dari tekanan. Dan di menit ke-63, Vietnam mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tandukan, Nguyen Thanh Chung setelah memanfaatkan umpan sudut.

Setelah Vietnam mampu menyamakan kedudukan, Egy Maulana mulai dimasukan, namun belum ada perubahan yang signifikan dari permainan Timnas. Bahkan di menit ke-73, Do Hung Dung hampir menggandakan kedudukan Vietnam.

Termasuk di menit ke-77', Do Hung sempat melancarkan tembakan keras terarah ke gawang Timnas, beruntung Nadeo Winata, masih bisa menjaga gawang Indonesia dari kebobolan.

Alih-alih menambah daya gedor, Indra kembali merubah strategi dimana pencetak gol Indonesia pada pertandingan ini, Rizki Sani, ditarik keluar.

Namun sayang, 1 menit sebelum waktu pertandingan berakhir, Vietnam melalui Do Hung Dung mampu menggandakan kedudukan timnya menjadi 2-1. Gol yang tercipta pun cukup baik mengingat gol dihasilkan dari tembakan jarak jauh di luar kotak penalti.

Sebelum wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, Vietnam melalui Nguyen Tien Linh hampir memperlebar jarak. Beruntung Tien masih menyia-nyiakan peluang dan pertandingan pun berakhir dengan skor 2-1 bagi Vietnam.

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X