Darurat Tapi Merenah, Warga Pasar Kalijati Selfi Bareng Bupati Subang

- 2 Desember 2019, 18:47 WIB

PASAR Kalijati yang pernah hangus terbakar 3 bulan silam, ternyata sudah bisa digunakan berdagang, walaupun berkios darurat. Bahkan para pedagang, Senin (2/12/2019) sengaja mengundang Bupati dan pejabat terkait sebagai rasa syukur.

“Terima kasih Pak Bupati Subang. Ternyata pasar sementaranya sudah selesai dibangun dan cukup merenah karena dari baja ringan. Jadi kami bisa berjualan kembali,”ucap Ibu Uten, perwakilan pedagang sambil menyerahkan kadeudeuh berupa buah-buah ke meja yang disiapkan.

Tidak hanya itu, Bupati didampingi Camat Kalijati Ahmad Hidayat, Kadis DKUPP, H. Rahmat Faturrahman dan Kabag Humas Asep Setia Permana saat memasuki pasar, jadi sasaran permohonan berfoto atau selfi. Bupati Subang H. Ruhimat pun yang bersahaja cukup dengan dengan masyarakat pun malah mengambilkan gambarnya bersama para emak-emak pedagang Pasar Kaljati.

Ruhimat datang ke Pasar Kalijati selain ada permintaan, juga ingin menyakinkan kalau bantuan untuk pembangunan pasar sementara telah selesai dan digunakan dagang. “Kita bantu untuk pembangunan 311 kios sebesar Rp 600 juta rupiah dan ternyata oleh desa ditambah satu dengan dana mereka sehingga berjumlah 312 kios, dengan nilai keseluruhan Rp 622 juta, “ungkapnya.

Bupati berharap, dengan adanya pasar sementara Kalijati ini, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pedagang untuk kembali berdagang seperti sebelumnya. Artinya, Pemerintah Kabupaten Subang  bertindak cepat agar warga masyarakat Kalijati khususnya pedagang yang kehilangan kiosnya akibat terbakar bisa kembali menyambung hidupnya dengan cara berjualan.

“Awas jaga kebersihan pasar itu yang utama. Semoga pasar sementara ini bapak atau ibu bisa kembali berjualan dengan nyaman. Begitupun para pembelinya semakin banyak,”pinta Ruhimat.

Ketua tim pembangunan Pasar Kalijati, Inda Subagja mengaku, bersyukur bahwa pembangunan pasar purwadadi dari bantuan Pemkab Subang itu bisa berjalan dengan lancar. Bahkan pihaknya menyebutkan, kalau pasar milik Desa Kalijati Timur ini sudah direncanakan dibangun kembali secara permanen dan membentuk dewan pertimbangan khusus. “Tentu saja kami pun telah mengundang investor, namun belum jelas kapan dan bagaimana kehendak pedagang nantinya, “kata Inda.

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X