YPM Salman dan Alumni ITB Angkatan '80 Bangun Kompleks Wakaf Pendidikan Khairina di Cimenyan

- 2 Desember 2019, 19:45 WIB

GUNA meningkatkan kesadaran akan pendidikan, YPM Salman bersama Alumni ITB angkatan ‘80 membangun Kompleks Wakaf Pendidikan Khairina di Cimenyan.

Kompleks Wakaf Pendidikan Khairina merupakan tanah yang dimiliki oleh salah satu alumni ITB angkatan 80, yakni Wahyuni Bahar. Pada tahun 2005, beliau membangun sebuah masjid di tanah tersebut yang dinamai Khairina. Kemudian mewakafkan kompleks Khairina tersebut kepada YPM Salman ITB pada tahun 2006.

Kompleks Wakaf Pendidikan ini memiliki luas lahan sekitar 2.000 m2 di daerah Cimenyan, dengan luas bangunan sekolah 140 m2. Kompleks pendidikan ini difokuskan kepada anak-anak PAUD dan santri MDA (Madrasah Diniyatul Aliyah).

Saat ini, terdapat 26 siswa PAUD, 50 siswa MDA, dan 11 tenaga pengajar untuk kegiatan mengajar di Khairina.

Pengelola Sekolah Khairina, Teuku Farid mengatakan, bahwa kompleks pendidikan tersebut merupakan wakaf dari para alumni ITB angkatan 80, untuk peduli sesama terutama kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

"Dana wakaf yang diberikan saat ini rencananya senilai Rp 50 juta. Angka ini merupakan tahap awal dengan seiring berkembangnya kompleks pendidikan ini," ungkapnya kepada wartawan di Lumens Coffee Wakaf Corner, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Senin (2/12/2019).

Menurutnya, kawasan Cimenyan merupakan salah satu wilayah yang cukup memprihatinkan, terutama di sekitar Kota Bandung. Salah satu yang cukup terlihat, yakni kesadaran masyarakat akan pendidikan.

Meski berada tidak jauh dari Ibu Kota Jawa Barat, namun kebanyakan lulusan SD dan SMP, dengan mayoritas pekerjaan petani dan berkebun. Oleh karena itu, pihaknya berupaya meningkatkan kesadaran akan pendidikan.

"Kita bisa saja gratis, tapi di sini kita menanamkan bahwa lebih baik tangan di atas dari pada di bawah. Maka setiap harinya ada infak Rp 2 ribu, yang akhirnya dikembalikan untuk kegiatan siswa," terangnya.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X