Wakili Pangdam III/Siliwangi, Danrindam III/Slw Buka Pendidikan Pertama Secata Gelombang II/2019

- 2 Desember 2019, 20:46 WIB

SEBANYAK 101 siswa yang terdiri dari berbagai kalangan sosial, di antaranya anak petani, purnawirawan TNI dan Polri serta anak pegawai negeri sipil, mengikuti pembukaan pendidikan pertama Secata TNI AD Gelombang II tahun 2019 di Dodik Secata Rindam III/Siliwangi di Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Senin (2/12/2019).

"Kalian telah berhasil menyisihkan pemuda-pemuda lainnya  yang juga ingin mendarmabaktikan dirinya melalui jalur pengabdian sebagai prajurit TNI AD," kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P,. M.M,. Q.I.A, pada sambutannya yang dibacakan Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf. D.R. Indarto Kusnohadi, S.I.P, S.H, M.H,. pada pembukaan Pendidikan Pertama (Dikmata) Secata TNI AD Gelombang II tahun 2019 tersebut.

Pangdam mengatakan, pendidikan yang akan diikuti ini merupakan pendidikan tahap awal untuk membentuk kalian menjadi prajurit yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan Tamtama, serta memiliki kondisi jasmani yang samapta.

Menurutnya,  pendidikan ini akan dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap pendidikan dasar keprajuritan dan tahap pendidikan dasar golongan Tamtama.

"Pada tahap pendidikan dasar keprajuritan dimaksudkan untuk merubah sikap prilaku pola pikir dan karakter dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AD," ungkap Nugroho Budi.

Sedangkan pada tahap pendidikan dasar golongan Tamtama prajurit, imbuhnya, siswa akan dididik dan diliatih serta  dikembangkan baik fisik maupun mental.

"Siswa akan dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan sehingga mampu menjadi Tamtama TNI AD yang terlatih dan profesional," tuturnya.

Ia pun merasa yakin bahwa sejak awal mendaftarkan diri dan bersaing dengan pemuda-pemuda lainnya yang mempunyai cita-cita menjadi prajurit TNI AD, mereka telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

"Kunci utama agar bisa menyelesaikan pendidikan adalah memiliki mental dan fisik yang tangguh dan kuat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X