Meski Stunting Menurun, Subang Tetap Waspada

- 3 Desember 2019, 18:21 WIB
WAKIL Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi menandatangani komitmen percepatan penurunan stunting.

PERKEMBANGAN bayi lima tahun (balita) pengidap stunting  atau gagal tumbuh dalam pertumbuhannya di wilayah Kabupaten Subang, terus menurun. Bahkan hasil evaluasi menjadi terbaik ketiga dalam penanganannya.

Namun demikian kondisi itu tetap harus diwaspadai sehingga Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, Selasa(3/12/2019), melakukan rembuk stunting dalam upaya percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Subang di Aula Pemkab, Jalan Dewi Sartika, Subang.

 "Ya, kegiatan ini guna membangun kapasitas dan komitmen semua unsur baik pemerintah, masyarakat maupun lembaga kemasyarakatan dalam rangka mendukung upaya percepatan pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi hingga zero," kata Agus.

Oleh karena itu, ketika ada temuan di suatu tempat ada gizi buruk, semua pihak terlibat, mulai dari PKK, para camat maupun desa langsung segera di atasi. Hasil yang telah dicapai dengan adanya kebersamaan bisa terus turun. "Saya berpesan kepada seluruh masyarakat kabupaten Subang untuk selalu hidup sehat jaga kesehatan masing masing, bagi ibu ibu yang hamil harus rajin kontrol, berikan gizi yang cukup, banyak belajar dari menjaga kesehatan pribadi maupun keluarga," pinta Wakil Bupati.

Apalagi untuk OPD terkait, camat dan kepala desa diharapkan turut melaksanakan pemberian makanan tambahan mulai dari ibu hamil, anak PAUD sampai ke tingkat sekolah menengah. Memberikan imunisasi secara berjenjang, imunisasi lengkap sampai ke pelosok. "Pikiran dan hati harus main, jangan berpikir lagi stunting, tapi bagaimana anak-anak tumbuh sehat, karena hidup hanya sementara, ayo kita melayani sesama, berbuatlah untuk sesama," pungkasnya.

Wakil Bupati Subang beserta Wakil TP. PKK Kabupaten Subang bersama perwakilan terkait disaksikan Sekda H. Aminuddin menandatangani naskah berita acara komitmen bersama tentang percepatan penurunan stunting di Kabupaten Subang Tahun 2019. Pada kesempatan itupun diberikan pencerahan dari  DR. Dr. Tb. Rachmat Sentika SpA. MARS.

 

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X