Ratusan Santri di Tasikmalaya Ikuti Bela Negara

- 4 Desember 2019, 20:54 WIB

RATUSAN santri se-Kota Tasikmalaya mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara. Pendidikan tersebut digelar Kesbangpol Kota Tasikmalaya di lapang Tembak Situ Gede, Kelurahan Mangkubumi, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Rabu (4/12/2019).

Kakesbangpol Kota Tasikmalaya, Yudi Kustiadi mengatakan, Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara akan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 100 peserta. Pelatih dan instruktur berasal dari Kodim 0612 Tasimalaya.

Dikatakannya, bela negara memiliki dua konsep pemikiran yaitu pertahanan dan ketahanan Nasional Indonesia. Pertahanan merupakan Ranahnya TNI-Polri yang terlatih secara profesional dan masyarakat harus turut berpartisipasi untuk menangkal dan mencegahnya.

Sementara ketahanan, kata Yudi, merupakan kewajiban bersama seluruh rakyat Indonesia. Untuk memperkuat ketahanan nasional dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya (Ipoleksosbud).

"Untuk kepentingan inilah bangsa Indonesia harus memperkuat karakter kebangsaannya. Sehingga terus bersama-sama memajukan bangsa dalam peningkatan ekonominya dengan kapasitas dan kopentensinya masing masing," katanya usai Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara Kesbangpol Kota Tasikmalaya 2019.

Ditambahkan Yudi, pemberian materi oleh Kasdim 0612/Tasikmalaya dan Kepala BNN Kota Tasikmalaya.

Pjs. Pasi Ops selaku Koordinator Lapangan, Kapten Inf Muklis Gozali mengatakan, melalui pendidikan dan pelatihan bela negara, santri diharapakan mempunyai karakter dan berwawasan kebangsaan yang luas.

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara dihadiri pula oleh para Pembimbing dari Ponpes juga staf Kesbangpol Kota Tasikmalaya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X