Bungkam Laos, Garuda Muda Lolos ke Semifinal SEA Games

- 5 Desember 2019, 17:18 WIB
Timnas U-22 /liputan6.com

TIMNAS Indonesia U-22 sukses membungkam Laos dengan skor telak 4-0, di matchday terakhir Grup B SEA Games 2019. Kemenangan tersebut mengantarkan skuat Garuda Muda ke babak semifinal.

Bermain di Imus Grandstand, Imus, Kamis (5/12/2019) sore pukul 16.00 waktu setempat, Indonesia bisa unggul cepat dari Laos. Saddil Ramdani membawa keunggulan merah putih pada menit ke-5.

Tertinggal satu gol, Laos pun tak diam. Mereka mencoba keluar menekan dan sesekali menusuk jantung pertahanan Garuda Muda. Anak asuh Sundram Moorthy sempat merepotkan barisan pertahanan Indonesia.

Bahkan Laos beberapa kali memperoleh tendangan penjuru. Hanya saja mereka tak mampu memanfaatkan peluang yang ada. Sementara Indonesia, lebih banyak melakukan serangan balik.

Meski begitu, upaya yang dilakukan Saddil dan Egy Maulana beberapa kali sempat merepotkan barisan pertahanan Laos. Pada menit ke-42, serangan balik Indonesia sempat membahayakan Laos. Lewat Saddil di sisi kanan, sepakannya di kotak penalti masih terlalu lemah ke gawang Laos. Hingga babak pertama tuntas, skor 1-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, skuat Garuda Muda masih mencoba tampil menekan. Sebaliknya, Laos tetap tak mampu menembus lini belakang Indonesia. Bola lebih banyak mentok di tengah lapangan.

Menit ke-47, Osvaldo Haay sukses menjebloskan bola ke gawang Laos. Kemudian pada menit ke-72, giliran Bagas Adi Nugroho yang menambah keunggulan Indonesia. Pada masa tambahan waktu, Osvaldo Haay menggandakan golnya sehingga membuat Garuda Muda unggul 4-0. Hingga laga bubar, tidak ada gol tambahan tercipta lagi.

Kemenangan atas Laos membuat Indonesia memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2019. Keberhasilan itu diraih usai laga Vietnam vs Thailand yang digelar di Stadion Binan berakhir imbang 2-2.

Vietnam lolos dengan tetap menjadi juara Grup B dengan 13 poin, disusul Indonesia (12), Thailand (10), Laos (4), Singapura (4), dan Brunei (0).

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X