Kemenpora Apresiasi Pengembangan Sport Tourism di Jabar untuk Datangkan Wisman

- 5 Desember 2019, 17:23 WIB
Raden Isnanta /kemenpora

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berupaya untuk mendapat predikat sebagai "Tourism Province" dan bertransformasi menjadi provinsi dengan segudang destinasi wisata kelas dunia. Tidak hanya sekedar wisata belanja dan kuliner, pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism pun akan dikembangkan.

Pengembangan sport tourism yang dilakukan Jabar mendapat apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pasalnya, konsep penggabungan pariwisata dengan olahraga bisa mendatangkan turis.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Raden Isnanta mengatakan, ajang olahraga di luar negeri seperti Eropa dengan Liga Inggris, Liga Italia, maupun Liga Jerman sangat berkaitan erat dengan kedatangan wisatawan.

"Kepariwisataan tentu bisa diuntungkan dengan perhelatan olahraga. Karena semua orang datang, termasuk orang Indonesia juga banyak nonton langsung ke Eropa," tuturnya kepada wartawan, Kamis (5/12/2019).

Menurut Raden, Indonesia pada umumnya dan Jabar pada khususnya harus terus mengembangkan perhelatan olahraga tingkat internasional. Hal ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

"Tentu sangat berdampak terhadap devisa negara. Tapi, devisa akan semakin tinggi kalau ditopang dengan venue yang banyak sehingga negara-negara yang hadir juga bisa banyak. Sponsor otomatis akan tertarik karena penonton disuguhkan acara yang menarik," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mencontohkan ajang Singa Cup di Singapura yang mampu mendatangkan berbagai negara. Ia menilai bahwa penyelenggaraan kegiatan berskala global merupakan strategi dalam sport tourism.

"Misalnya, di acara Ghotia Cup saja bisa mengundang hampir 100 negara. Kalau dari sudut pandang pariwisata itu besar dampaknya. Maka, kita harus perhatikan venue dan peserta dari luar negeri jangan dibatasi," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X