Hadapi Bencana, RSUD Sumedang Tingkatkan Kemampuan SDM

- 5 Desember 2019, 17:29 WIB

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang menyiapkan dan meningkatkan kemampuan SDM untuk menyelamatkan pasien dan keluarganya (penunggu) jika terjadi gempa atau kebakaran gedung. Peningkatan kemampuan salah satunya lewat pelatihan yang menggandeng Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Karyawan kami sudah mengikuti materi pelatihan tentang bagaimana cara menangani situasi jika terjadi gempa atau kebakaran gedung. Semuanya sesuai sop (standar operasional prosedur)," terang Direktur RSUD Sumedang, Aceng Solehudin di sela kegiatan, Kamis (5/12/2019).

Hari ini, lanjut Aceng, pelatihan tersebut ditutup dengan simulasi mengevakuasi korban (pasien) dari ketinggian lantai 8, dengan menggunakan tali dan keranjang khusus.
Simulasi itu menjadi tontonan ratusan penunggu pasien. Mereka pun berdesak untuk bisa melihat kegiatan tersebut dengan jelas.

"Untuk evakuasi "korban" kami libatkan tim dari BPBD. Dengan pertimbangan radius komunikasi dan koordinasi dengan lembaga itu cukup dekat. Disamping tentunya, mereka juga memiliki peralatan untuk mengevakuasi korban dari ketinggian. Sedangkan kami menyiapkan tim medis yang telah dibekali kemampuan khusus untuk menghadapi situasi tersebut," ujar Aceng.

Sedangkan inti dari pelatihan bertujuan menyelamatkan pasien (korban) saat terjadi gempa atau kebakaran.
"Disamping itu, kemampuan dalam penanganan bencana itu juga bagian dari persyaratan yang harus kami persiapkan dalam pelaksanaan akreditasi. Alhamdulillah, seluruh rangkaian pelatihan berjalan lancar," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X