Hina Wapres, Jafar Shodiq Resmi Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

- 5 Desember 2019, 21:23 WIB
Jafar Shodiq /ist

POLISI bergerak cepat dalam menyidik laporan atas ucapan Jafar Shodiq yang dianggap menghina Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Setelah ditangkap Bareskrim Polri, Jafar Shodiq sudah berstatus sebagai tersangka.

"Benar," ujar Wakabareskrim Polri Irjen Pol. Antam Novambar saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (5/12/2019).

Antam menjelaskan, Jafar dijerat sejumlah pasal. Dia disangkakan melakukan pidana Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) dan/atau Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 207 KUHP dan/atau Pasal 104 dan/atau Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP.

Dilansir dari detik.com, sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Argo Yuwono mengatakan laporan dari Rabithah Babad Kesultanan Banten telah diterima oleh SPKT Bareskrim Polri dan akan ditindaklanjuti. Namun, sebelumnya, Habib Jafar sudah lebih dulu ditangkap berdasarkan laporan tipe A.

"Sebelumnya kita sudah membuat laporan model A, yang karena ada nambah siber ya. Kemudian dari siber kemarin mengamankan seorang laki-laki dengan inisial JS," kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Sebelumnya video ceramah Jafar Shodiq viral di situs berbagi YouTube, yang sumbernya dari akun YouTube 'habib ja'far shodiq bin sholeh alattas', diunggah pada 30 November 2019. Video tersebut berisi kata-kata penghinaan terhadap Wapres Ma'ruf Amin.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X