Antisipasi Banjir, Bupati dan Warga Bersihkan Sungai di Kawasan Pantura

- 6 Desember 2019, 11:25 WIB
Bupati Subang, H.Ruhima saat memberikan pengarahan sebelum warga melakukan beberesih sungai dan irigasi di wilayah Pamanukan dan Legon Kulon.

SEDIKITNYA 3.600 warga di Kecamatan Pamanukan dan Legon Kulon ikut bergotong royong bersama beberapa pejabat terkait, termasuk Bupati Subang, H.Ruhimat membersihkan sampah dan alang-alang di Sungai Cigadung.

Kegiatan yang berlangsung Jumat (6/12/2019) pagi hingga menjelang Jumatan ini difokuskan di 20 titik dengan membersihkan sampah dan alang-alang di sepanjang sungai Sungai Cigadung, Kalensema, Kali Pangaritan serta saluran-saluran kecil yang alami penyempitan.

“Tentu saja untuk pendangkalan, kita telah siapkan alat berat dan kegiatan ini tidak akan sampai pada hari ini saja, tetapi harus dilanjutkan dengan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,“ kata Bupati Subang didampingi Kabag Humas, Asep Setia Permana.

Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemda Kabupaten Subang untuk mencegah banjir di Pamanukan dan sekitarnya saat menghadapi musim hujan. Apalagi daerah pesisir tepatnya di Pamanukan, Ciasem, Blanakan dan wilayah kecamatan lainnya kerap kali terjadi banjir di musim hujan.

“Saya tidak ingin bila ke depan datang ke sini membawa mie instan dan bantuan karena ada bencana banjir. Saya punya harapan dengan gotong royong seperti ini bisa mengatasi banjir,” kata H. Ruhimat.

Bupati mengakui untuk mengatasi banjir secara permanen memerlukan waktu dan anggaran yang cukup besar. Namun, melalui kegiatan gotong royong ini minimal  bisa mencegah banjir dengan menumbuhkan kesadaran warga sekitar untuk mengambil dan membersihkan sungai dari sampah serta pendangkalan sungai.

“Untuk persoalan sungai sudah beberapa kali dibicarakan dengan BBWS juga PJT. Soal sampah kami juga sedang menyiapkan lahan untuk TPA yang lebih luas lagi, karena di Panembong sudah tidak cukup, termasuk di daerah Pamanukan sendiri,” ungkapnya.

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X