KPA Subang Bentuk Red Ribbon di Alun-Alun

- 6 Desember 2019, 16:01 WIB
arga peduli HIV/Aids di Kabupaten Subang saat sedang membuat lingkaran pita merah di Alun-Alun Subang.

SERATUSAN warga penduli HIV/Aids, ODHA dan relawan HIV/Aids di wilayah Subang gelar pertemuan dan berfoto bersama dengan membuat pita merah atau red ribbon, di Alun-Alun Subang, Jumat (6/12/2019).

Ketua Harian KPA Subang, H.Aminudin melalui Pengelola Program, Nurbayanti menjelaskan, yang dilakukan rekan-rekan peduli HIV/Aids dan mitra serta anggota KPA sebagai solidaritas dan persiapan puncak peringatan Hari Aids Sedunia yang akan digelar pada 9 Desember mendatang.

“Kenapa kita buat lingkaran pita merah atau red ribbon? Ini sebagai pengingat dan dukungan karena HIV/Aids selalu indentik dengan pita merah. Simbol ini ada sejak tahun 1991 dari hasil 12 seniman yang berkumpul di sebuah galeri di New York, Amerika Serikat. Ide penggunaan pita merah akhirnya sebagai simbol kepedulian dan dukungan kepada orang-orang dengan HIV,“ jelasnya.

Yang jelas KPA maupun Dinas Kesehatan dibantu para relawan terus melakukan sosialisasi ke berbagai pihak guna mencapai 3 zero yaitu tidak ada lagi penularan HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, tidak ada lagi stigma dan dikriminasi pada orang dengan HIV-AIDS (ODHA) melalui  strategi fast trck 90:90:90 meliputi 90% dari orang yang hidup dengan HIV (OHIDHA) yang diketahui status HIV melalui tes atau deteksi dini,

Kalau sudah mengetahui statusnya,  mereka diadvokasi dan memulai pengobatan Anti Retroviral (ARV). Sebab dengan itu, ternyata  90% ODHA berhasil menekan jumlah virusnya sehingga mengurangi kemungkinan penularan HIV serta tidak ada lagi stigma dan diskriminasi.

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X