Produk Lokal Bandung Siap Manjakan Konsumen di 'Storeless Warehouse Sale'

- 6 Desember 2019, 17:35 WIB

SAAT ini Indonesia tengah gencar menumbuhkembangkan bisnis industri kreatif, termasuk di Bandung. Era industri kreatif ini dipenuhi oleh anak-anak muda yang memiliki ide dan gagasan cemerlang.

Berkembangnya kreativitas tersebut membuat industri kreatif di Tanah Air semakin berdaya saing tinggi. Di tengah gempuran pasar internasional, produk lokal pasti mampu berkompetisi.

Inisiator Kartel Lokal, Ryanda Ibrahim mengatakan, tidak sedikit brand lokal Bandung yang berkiprah di pasar global seperti NIION yang sudah menebus pasar Amerika Serikat dan Amble yang menjajaki pasar Jepang. Untuk memperkuat kebersamaan antar-brand lokal, Kartel Lokal mengadakan "Storeless Warehouse Sale" yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan "Collective Movement".

"Kita ingin menghadirkan kegiatan agar para pebisnis lokal bisa berbagi ilmu dan memperkenalkan produk-produknya. Dengan semangat kolaborasi, di akhir tahun ini kita ingin memberikan benefit untuk konsumen berupa potongan harga sampai dengan 70 persen. Daripada buat acara sendiri-sendiri lebih baik kita bergabung. Semuanya ada 22 brand lokal," jelasnya di Backyaard Collective Bandung, Jumat (6/12/2019).

Acara "Storeless Warehouse Sale" diadakan pada 6-8 Desember 2019. Diharapkan dari acara ini dapat mendatangkan 3.000 pengunjung dan meraup transaksi minimal Rp 50 juta per brand.

Ia melanjutkan, keberadaan e-Commerce  yang menawarkan produk-produk dengan harga murah menjadi kegelisahan bagi para brand lokal. Persaingan harga antara brand luar negeri dengan brand lokal dianggap tidak seimbang.

"Makanya, kita bersama-sama untuk bisa jadi kuat. Kita berbagi soal ilmu berbisnis sampai dengan material produk supaya brand lokal bisa berdaya. Brand lokal kan susah bersaing dengan produk luar negeri. Jadi, kita coba bermain biar harga lebih terjangkau," tuturnya.

Namun, ia merasa percaya diri bahwa produk lokal memiliki gaya dan desain yang tidak kalah berkualitas maupun menarik dengan produk luar negeri. Ia menyebut, tren fesyen saat ini ialah street wear yang juga sudah mulai menyebar di Bandung.

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X