Banjir dan Longsor Terjang Kampung Kudang Tasikmalaya, Satu Rumah Jebol

- 6 Desember 2019, 21:12 WIB

HUJAN deras yang mengakibatkan banjir dan longsor terjadi di Kampung Kudang RT 04/RW 02, Desa Margalaksana, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (6/12/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Banjir dan longsor tersebut mengakibatkan sebuah rumah warga jebol diterjang banjir.

Selain merusak rumah warga material tanah longsoran dan lumpur yang terbawa banjir sempat memenuhi akses jalan kampung tersebut. Meski tidak memutuskan jalur akses warga, material longsoran membuat licin jalanan dan membahayakan pengguna jalan.

Bencana banjir dan longsor itu tidak mengakibatkan korban. Namun warga tetap khawatir saat menjelang malam, banjir susulan akan terjadi. Sebab curah hujan masih tinggi mengguyur kawasan tersebut.

Danramil 1203 Kawalu Kodim 0612 Tasikmalaya, Mayor Inf Iwan S menyebutkan, rumah jebol yang diterjang longsor di Kampung Kudang adalah milik Mimi (65). Saat terjadi longsor Ia tengah berada di rumah tersebut. Dirinya mendengar suara keras saat sesuatu menerjang rumahnya dan langsung terperanjat keluar rumah.

Berutung, material tanah longsoran yang menjebol dinding rumah miliknya tersebut tidak menimpa penghuni rumah. Namun akibat kejadian itu, Mimi sempat syok dan lemas sehingga harus dievakuasi ke rumah saudaranya.

Pihaknya, kata Iwan, langsung berkordinasi dengan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, kepala desa, Punduh dan RT setempat serta masyarakat untuk membantu pelaksanakan gotong-royong membersihkan material longsor.

Selain itu, pihaknya juga melakukan evakuasi barang-barang milik korban yang tertimpa material dinding rumah dan tanah longsoran.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada memasuki musim penghujan. Selain itu, sebagai upaya atau cegah dini, warga selalu memberikan informasi kerawanan bencana," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X