Korea Utara Sukses Besar Lakukan Pengujian di Situs Peluncuran Roket Terlarang

- 8 Desember 2019, 13:27 WIB
/Newcastle Herald

PEMERINTAH Korea Utara (Korut) dikabarkan kembali melakukan pengujian di situs peluncur roket. Padahal sebelumnya, Korut telah berjanji kepada Amerika Serikat (AS) untuk menutup fasilitas tersebut.

Pengujian pada Ahad (8/12/2019) di situs peluncur roket Sohae diumumkan oleh KCNA. Korut menyebut pengujian tersebut "sukses besar" tapi tidak mengungkapkan apa yang diujikan.

Tidak ada pernyataan dari Jepang dan Korsel yang biasanya vokal memperingatkan uji roket Korut. Pengamat mengatakan, Korut tidak pernah menggunakan situs Sohae untuk menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM).

Pengamat menduga, Korut melakukan uji statis mesin roket, bukan meluncurkannya. "Sepertinya ini uji mesin berbasis-darat di Sohae, bukan peluncuran," kata Ankit Panda, peneliti di Federasi Ilmuwan Amerika.

Sebelumnya Korut mengatakan akan menutup situs Sohae usai pertemuan antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Juni tahun lalu. Tidak lama setelahnya, citra satelit menunjukkan Sohae mulai dilucuti.

Namun awal tahun ini, citra satelit terbaru menunjukkan Sohae kembali dibangun. Hal ini terjadi usai perundingan pelucutan senjata nuklir dan sanksi terhadap Korut yang gagal.

Ketika itu, Trump menanggapi pembangunan Sohae dengan mengatakan bahwa dia "sangat kecewa".

Editor: H. D. Aditya


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X