Damkar Subang Disibukkan Evakuasi Sarang Tawon Vespa

- 8 Desember 2019, 17:25 WIB
Petugas mengevakuasi sarang tawon Vespa Affinis /ist

MUNCULNYA sarang Tawon Vespa Affinis atau yang biasa disebut Tawon Ndas di beberapa tempat di Kabupaten Subang dimusnahkan tim rescue Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpoldam Subang. Permintaan evakuasi hampir setiap hari dan bahkan satu hari harus mengevakuasi 5 sarang di rumah dan sekolah.

"Betul pak, tadi malam saja hingga subuh kami evakuasi lima tempat," kata salah satu anggota rescue Damkar, Yusuf Supriatna saat dihubungi, Ahad (8/12/2019).

Ia menyatakan, untuk korban sengatan sendiri belum jelas diketahui, hanya beberapa warga ada yang harus dibawa ke Puskesmas. Sarang tawon yang dievakuasi berada di pemukiman penduduk dan sekolah seperti di Kecamatan Pamanukan dan Pagaden serta Dawuan.

"Kami tidak mendapatkan kendala selama bertugas melakukan evakuasi sarang tawon karena dilengkapi dengan pakaian husus dan harus dilakukan pada malam hari," ujarnya.

Kepala Bidang Damkar Satpoldam Subang, Dede Rosmayandi membenarkan, pihaknya selain disibukkan dengan penanganan kebakaran, baik gedung, rumah dan tempat lainnya termasuk kebun juga evakuasi sarang tawon.

"Banyaknya koloni tawon predator yang bersarang di pemukiman warga, salah satunya disebabkan karena maraknya alih fungsi lahan dari pertanian menjadi pemukiman atau industri," katanya.

Penyebab ini berdasarkan hasil penelitian dari Pusat Penelitian Biologi, yaitu keemunculan tawon tersebut terjadi saat peralihan dari musim hujan ke musim panas. Sedngkan outbreak populasi tawon di daerah pemukiman disebabkan hilangnya habitat alami tawon imbas pengalihan tata guna lahan, berkurangnya musuh alami atau predator tawon, perubahan iklim global dan faktor sumber makanan.

"Tawon tersebut agresif di siang hari, hal ini dikarenakan suhu yang hangat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh tawon. Berbeda dengan kondisi dingin dan gelap mereka cenderung pasif sehingga kita pun mengevakuasinya pada malam hari hingga pagi," ungkap Dede.

Disebutkan jumlah sarang tawon Vespa Affinis yang sudah dievakuasi selama Januari hingga awal Desember 2019 mencapai 115 sarang. Terbanyak pada bulan Januari yaitu 19 kali dan Februari 21 kali.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X