Ratusan Pecatur Ramaikan Kejuaraan Catur Pelajar Nasional ITB 86

- 8 Desember 2019, 17:38 WIB

SEBANYAK 252 pecatur dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/K) mengikuti persaingan pada Kejuaraan Catur Pelajar Tingkat Nasional ITB 86 Bidak Ganesha II Tahun 2019 yang berlangsung di Aula Barat ITB, Kota Bandung, Ahad (8/12/2019).

Menurut Ketua Panpel, M. Arif Faizal, kejuaraan ini merupakan bentuk perhatian para alumni ITB angkatan 1986 yang begitu peduli dengan perkembangan catur di Jawa Barat. Ia berharap, dari ajang ini, pihaknya bisa ikut melahirkan atlet-atlet berpotensi masa depan.

"Saya sangat terkejut dengan tingginya antusias para pecatur cilik yang ingin bertanding. Ternyata begitu banyak, dan ini merupakan gelaran kedua kami setelah sebelumnya diadakan pada 2016 lalu," kata Arif seusai pembukaan.

Arif mengaku, kejuaraan kali ini banyak diikuti oleh para pelajar tingkat SD. Terhitung ada sebanyak 120 pelajar yang tampil pada kategori tersebut. Kelas 1 hingga kelas 3 diikuti oleh 44 putra dan 15 putri. SD kelas 3 hingga kelas 6 diikuti 21 pecatur putri dan 42 pecatur putra.

Sedangkan di tingkat SMP diikuti oleh 18 putri dan 56 putra. Kemudian di kategori SMA di ikuti 16 peserta putri dan 40 peserta putra. Selain memperebutkan piagam serta piala, mereka pun akan diberikan beasiswa.

"Pada setiap kategorinya para peserta akan mendapatkan piagam, piala serta beasiswa apabila dikemudian hari salah satu dari peserta berhasil diterima menjadi Mahasiswa/i di ITB," katanya

Selain itu, menariknya, kejuaraan ini diikuti pecatur cilik yang sempat meraih gelar pada Kejuaraan Dunia Catur Klasik FIDE World cadet Chess Championship di Spanyol, yakni Samantha Edithso.

"Kehadiran Samantha ini merupakan yang kedua kalinya. Pada 2016 lalu dia masih SD tapi ikut ke kategori SMA. Sekarang dia sudah SMP dan masih bertanding di kategori SMA," tuturnya.

Hal senada dikatakan penanggung jawab kejuaraan Suyus Windayana. Direktur Jenderal (Dirjen) Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian ATR/BPN ini mengatakan, kedepannya pihaknya akan rutin menggelar kegiatan tersebut dua tahun sekali.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X