IDIK Menaruh Perhatian pada Media Literasi Digial

- 8 Desember 2019, 18:04 WIB

RASA ingin tahu masyarakat tentang informasi sangat tinggi. Hal ini ditunjang dengan infrastruktur dari operator seluler yang terus memberikan kenyamanan bagi pelanggannya.

Misalnya internet sangat kencang dan handphonenya juga canggih-canggih. Ini sangat menunjang rasa ingin tahu lebih besar lagi. Sementara, tanggungjawab operator hanya membuat infrastruktur.

"Informasi yang mereka cerna belum tentu baik atau benar. Masyarakat belum tahu semua, apakah informasi yang mereka konsumsi itu bagus atau enggak. Harus ada pembelajaran agar informasi yang mereka cerna semuanya yang baik dan benar," kata Ketua Bidang Kemitraan, Media, dan Publikasi Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi (IDIK), Husnita di sela-sela acara pengabdian masyarakat IDIK di SDN Manggungjaya Rajapolah, Tasikmalaya, Ahad (8/12/2019).

Menurut Husnita, untuk mengantisipasi konten dan informasi negatif yang dikonsumsi masyarakat harus terus dilakukan literasi. Hal inilah yang dilakukan IDIK saat ini.

"Sebagai organisasi nonprofit yang bergerak dalam bidang komunikasi, kami memiliki komitmen untuk memberikan literasi kepada masyarakat," katanya.

Husnita berharap melalui acara literasi media digital ini bisa memberi pemahaman kepada masyarakat tentang memilah dan memilih informasi yang positif. Tidak langsung membagikan informasi sebelum mengetahui sumbernya.

"Kami juga mengharapkan, masyarakat semakin pintar memilih informasi. Menjadi garda terdepan untuk memberantas hoaks," ujar Husnita.

Dikatakan, sasaran masyarakat yang diliterasi tidak hanya ibu-ibu, tapi juga pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa.

"Kami menghadirkan narasumber dari praktisi dan akademisi di bidangnya. Termasuk dari Serikat Pekerja Telkomsel yang sudah berkiprah dan berpengalaman dalam media literasi digital," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X