Menjelang Nataru Masyarakat dan Pedagang Diiimbau Bijak Berbelanja

- 8 Desember 2019, 21:19 WIB
Kegiatan sosialisasi

KEPALA Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Bambang Pramono mengimbau masyarakat, menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), hendaknya bijak berbelanja. Di sisi lain, para pedagang kebutuhan pokok untuk perayaan Nataru diminta bijak berdagang dengan menjaga kestabilan stok dan menetapkan harga yang wajar.

Imbauan itu dilontarkan Bambang Pramono, dalam kegiatan sosialisasi "Sinergi Bersama Mewujudkan Masyarakat Cinta Rupiah" yang merupakan kerjasama KPwBI Solo dengan Perhimpunan Kantor Perbankan Soloraya (PERKASO), Sub BMPD Jateng-Surakarta, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesa (PERBARINDO) Soloraya dan PT Pegadaian Surakarta, di simpang empat Ngarsopuro, Solo, Ahad (8/12/2019).

"Kami mengimbau, menjelang Natal dan tahun baru ini masyarakat jangan memborong dan menimbun barang kebutuhan pokok, serta jangan panik karena stok komoditas terjamin. Kepada para pedagang juga kami imbau supaya bijak berdagang dengan menjaga kestabilan stok dan menetapkan harga yang wajar. Artinya, tidak mengambil keuntungan yang setinggi-tingginya," kata Kepala KPw BI Solo itu.

Kegiatan sosialisasi yang diawali dengan senam bersama dan flashmob tersebut, menurut Bambang Pramono, bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap keaslian uang rupiah untuk meminimalisir peredaran uang palsu. Melalui cara-cara mudah mencintai uang rupiah, dia berharap masyarakat dapat mendeteksi keaslian uang rupiah secara mudah dan cepat dengan cara dilihat, diraba dan diterawang atau 3-D dan memperlakukan uang secara baik dengan cara jangan dilipat, jangan melubangi, jangan meremas, jangan membasahi dan jangan distepler.

Di kegiatan sosialisasi yang didukung 500 perwakilan lembaga keuangan di wilayah Surakarta tersebut, KPw BI Solo juga mengenalkan kepada masyarakat tentang layanan penukaran uang rupiah yang saat ini tidak hanya dilakukan BI dan bank umum, tetapi juga dilayani di kantor-kantor BPR dan Pegadaian di Surakarta.

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil (UPK) menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, KPw BI Solo melayani penukaran melalui empat loket penukaran, yakni di Bank Mandiri, Bank Jateng, BPR Bank Solo, dan PT.Pegadaian Purwotomo.

"Kita berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang rupiah, sesuai dengan nominal dan pecahan yang dibutuhkan khusus layanan penukaran uang di area car free day," jelasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X