Hari Antikorupsi Sedunia: Masyarakat Harus Ikut Melawan dan Memberantas

- 9 Desember 2019, 11:01 WIB

MOMEN Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 9 Desember, dimanfaatkan oleh Jurnalis Hukum Bandung (JHB) untuk mengajak masyarakat ikut bersama-sama melawan dan memberantas korupsi. Belasan jurnalis dari berbagai media melakukan aksi simpatik membagikan bunga dan stiker, di perempatan Cikapayang, Kota Bandung, Senin (9/12/2019).

Dalam aksinya, JHB menggandeng Posbakum Ikadin Bandung dan LBH Syariah Bandung. Para jurnalis dan advokat membagi-bagikan bunga dan stiker "No Korupsi", "Korupsi Menyengsarakan Rakyat", dan "You Can Stop Corruption" kepada para pengguna jalan. Sambil membagikan, diselipkan juga ajakan untuk sama-sama ikut berperan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Ketua JHB, Suyono mengatakan, aksi dilakukan atas dasar keprihatinan pihaknya terhadap tindak pidana korupsi yang semakin marak. "Korupsi musuh kita bersama karena merupakan kejahatan luar biasa atau extra ordinary crime terhadap kemanusiaan," ujar Suyono di sela kegiatan.

Ia menambahkan, korupsi juga sudah merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, masyarakat umum pun harus ikut melawan dan memberantas para pelaku korupsi atau koruptor. Di sisi lain, aparat penegak hukum juga diingatkan, diperingatkan, dan diminta menindak tegas.

"Sebagai jurnalis yang sehari-harinya meliput berita- berita hukum, kami yang tergabung dalam Jurnalis Hukum Bandung harus bersatu dan terus meningkatkan peran sertanya sebagai kontrol sosial terhadap proses penegakan hukum. Mulai dari tingkat penyelidikan,penyidikan sampai persidangan di pengadilan," jelasnya.


Dalam kesempatan itu, Suyono juga menegaskan, dengan semangat Hari Antikorupsi, JHB bertekat untuk terus menjadi pegiat anti Korupsi, Kolusi dan Neporisme (KKN). Pasalnya, KKN adalah musuh nomor satu bagi upaya pemberdayaan masyarakat.

"Korupsi adalah musuh nomor satu. Mari kita galang kerja sama dengan semua pihak untuk memberantas korupsi," tuturnya.

Perwakilan Posbakum Ikadin Bandung, Deva Arnesto Manaek Siregar menilai aksi bagi-bagi stiker dan bunga merupakan aksi simpatik untuk memperingati Hari Antikorupsi Sedunia.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X