Polres Bandung Naik Tipologi Jadi Polresta

- 9 Desember 2019, 15:31 WIB
Kapolda Jabar, Irjen Pol. Rudy Sufahriadi (tengah) berfoto bersama usai upacara pengukuhan peningkatan tipelogi Polres Bandung menjadi Polresta Bandung di Lapangan Mapolresta Bandung, Jln. Bhayangkara, Soreang, Kab. Bandung, Senin (9/12/2019).

POLISI Resort (Polres) Bandung secara resmi naik tipologi menjadi Polisi Resort Kota (Polresta) Bandung. Pengukuhan peningkatan tipologi tersebut ditandai dengan penyematan patch pada upacara yang dipimpin oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Rudy Sufahriadi di Lapangan Mapolresta Bandung, Jln. Bhayangkara, Soreang, Kab. Bandung, Senin (9/12/2019).

Penyematan patch Polres Bandung menjadi Polresta Bandung itu dilakukan oleh Kapolda Jabar kepada Kapolresta Bandung, AKBP Hendra Kurniawan. Peningkatan tipologi ini atas penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor: B/849/M.KT.01/2019 per 18 September 2019 perihal peningkatan tipe dan pembentukan Polres.

"Ini hasil penilaian Kemenpan RB dan sebuah penghargaan dari pemerintah terhadap kinerja anggota di Polresta Bandung, yang selama ini dianggap telah bekerja dengan baik dan maksimal dalam melaksanakan tugasnya," terang Rudy usai upacara pengukuhan.

Menurut Rudy, sebagaimana kebijakan Kapolri Jendral Idham Azis dalam rangka penguatan personel Polri yang profesional, modern, dan terpercaya menuju Indonesiaa maju, para anggota Polresta Bandung harus menjadi lebih baik.

"Tentunya saya berharap, Polresta Bandung dapat meningkatkan kinerja dan semangat dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara," katanya.

Dirinya menuturkan, banyak aspek yang menjadi penilaian Kemenpan RB dalam peningkatan tipologi menjadi Polresta Bandung ini. Salah satunya jumlah penduduk Kabupaten Bandung, sehingga dinaikkan tipologinya.

Saat ini, Polresta Bandung memiliki anggota sebanyak 1.765 orang dan membawahi 25 Polsek di wilayah Kabupaten Bandung, yang memiliki jumlah penduduk 3,6 juta jiwa. Status ini sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah, yang mengharuskan adanya peningkatan tipe agar terwujudnya pelayanan lebih prima kepada masyarakat.

"Kami akan melakukan penyesuaian susunan organisasi, anggaran, sarana dan prasarana serta penambahan jumlah personel secara bertahap menurut skala prioritas sesuai dengan kebutuhan ideal," terangnya.

Atas kenaikan tipe tersebut, jabatan Kapolresta Bandung pun dalam waktu dekat mengalami kenaikan menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) dari sebelumnya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X