Polisi Amankan Puluhan Anggota LSM yang Geruduk Kantor Leasing

- 9 Desember 2019, 18:15 WIB

PULUHAN anggota salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diamankan jajaran Polres Cimahi usai melakukan aksi premanisme di Arthaprima Finance, Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi, Senin (9/12/2019). Aksi premanisme dilakukan untuk mengambil mobil salah satu anggota LSM yang disita oleh pihak leasing.

Setidaknya ada 60 orang yang diamankan dan dilakukan pemeriksaan di Mapolres Cimahi. Sebelumnya, saat mencoba mengambil mobil yang disita, anggota LSM itu melakukan pembakaran ban, pembakaran meja, dan menabrak garasi bank dengan mobil digunakannya.

Kapolres Cimahi, AKBP M. Yoris Maulana mengatakan, pihaknya langsung mengamankan para pelaku premanisme itu. Pasalnya, aksi yang dilakukan telah menimbulkan kericuhan dan kemacetan parah.

"Awalnya ada informasi soal kemacetan. Setelah dicek ternyata ada LSM yang lagi aksi. Bukan demo, mereka ternyata berusaha mengambil mobil yang disita, tapi dengan cara paksa dan mengintimidasi," tutur Yoris saat ditemui di Mapolres Cimahi.

Dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), pihaknya mengamankan beberapa botol bensin yang digunakan untuk melakukan pembakaran. Tak cuma itu, polisi juga mengamankan puluhan botol plastik berisi minuman keras jenis ciu.

"Ada juga airsoft gun, borgol, senjata tajam gunting untuk mengancam pihak bank, dan 8 mobil yang mereka pakai, salah satunya mobil yang disita bank. Mereka juga beraksi di bank itu dalam kondisi mabuk. Tapi saat saya tanya mau apa mereka ke sini, mereka semua enggak tahu," tuturnya.

Yoris menegaskan, aksi premanisme yang dilakukan oleh LSM maupun ormas dalam upaya mengambil kendaraan atau hal lainnya tidak dibenarkan. Apalagi jika sampai menimbulkan kericuhan.

"Ini sudah sangat meresahkan karena murni aksi premanisme. Saya ingatkan agar ormas dan LSM tidak bertindak anarkis dan bergaya preman," tegasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X