Rumah Solihin Terbakar, Charger Ponsel Diduga Jadi Penyebab

- 11 Desember 2019, 14:35 WIB
Petugas Damkar Cimahi melakukan pendinginan di rumah Solohin yang terbakar, Rabu (11/12/2019).

DIDUGA akibat arus pendek listrik dari charger telepon seluler (ponsel) yang lupa dicabut, satu unit rumah di Jalan Sangkuriang Mukti, kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi terbakar api, Rabu (11/12/2019) sekitar 09.00 WIB. Saat kejadian rumah milik Solihin ini sedang kosong ditinggal penghuninya.

Komandan Regu (Danru) I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran tersebut sekitar pukul 09.30 WIB. Tiba di lokasi sekitar pukul 09.45 WIB.

"Perkiraan waktu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Dan selesai penanganan pada pukul 10.25 WIB," terangnya.

Dijelaskan Indrahadi, kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh warga sekitar yang melihat api muncul dari lantai dua rumah. Api sempat merembet ke lantai satu rumah yang memiliki luas sekitar 48 meter persegi ini.

Warga pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Damkar Kota Cimahi. Sambil menunggu petugas datang, warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

"Waktu kami datang api sudah membesar dan merembet ke lantai 1. Kami menurunkan 3 unit pancar, 1 unit rescue, dan 12 orang petugas," beber Indrahadi.

Menurutnya kebakaran tersebut diduga akibat kelalaian penghuni rumah yang lupa mencabut charger ponsel.

"Diduga terjadi adanya korsleting listrik di lantai 2 rumah, yang disebabkan oleh charger ponsel yang lupa dicabut. Rumahnya dalam keadaan kosong, karena pemilik sedang kerja," ujar Indrahadi.

Akibat kejadian tersebut, pemilik rumah mengalami kerugian yang ditaksir sekitar Rp 60 juta.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X