Mantan Pelayan Toko Roti, Finlandia Resmi Dipimpin Perdana Menteri Termuda di Dunia Sanna Marin

- 11 Desember 2019, 14:45 WIB
/dailymail

Parlemen Finlandia resmi memilih Sanna Marin sebagai perdana menteri baru sekaligus menjadikannya kepala pemerintahan termuda di dunia dengan usia 34 tahun. Marin  yang lahir pada 16 November mulai menjabat di Helsinki hari ini sebagai kepala koalisi lima-partai yang semuanya dipimpin  perempuan dan tiga di antaranya sama-sama berusia di awal '30-an.

Parlemen Finlandia, Eduskunta dengan 200 kursi sepakat memilih    Marin dengan suara 99-70. Pemerintah ibu satu anak itu memiliki mayoritas 117 kursi. Tak hanya sang PM, Menteri Keuangan baru Katri Kulmuni pun berusia lebih muda tepatnya  32 tahun. Dan teryata hanya satu dari mitra koalisi Marin yang usianya melebihi angka 35.

Here comes the PM.

Milenial dan berdedikasi.

Dikutip dari DailyMail, Rabu Marin sebelumnya menjabat sebagai Menteri Transportasi dan Komunikasi sejak Juni tahun ini. Sebelumnya Oleksiy Honcharuk, perdana menteri  Ukraina saat ini tercatat sebagai PM termuda. Ia dipilih Presiden Volodymyr Zelensky  bulan Agustus lalu. Namun meskipun menjadi berita  global, Marin lebih suka membahas kebijakan.

Kepada wartawan di luar gedung parlemen ia mengatakan, "Aku fokus pada  hal-hal praktis dan tidak pernah memikirkan umur atau jenis kelamin. Aku lebih suka memikirkan motivasiku terjun ke dunia politik dan membalas kepercayaan konstituen."

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X