Bunuh Rasa Bosan Membaca di Perpustakaan, UNS Hadirkan Taman Literasi Kampus

- 11 Desember 2019, 16:25 WIB
Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, meresmikan Taman Literasi UNS yang merupakan fasilitas tambahan UPT Perpustakaan bagi sivitas akademika, Rabu (11/12/2019).

PERPUSTAKAAN pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) yang berlokasi di jantung Kampus Kentingan Solo, dilengkapi ruang baca khusus di alam terbuka dengan nama Taman Literasi. Pembangunan tempat baca luar ruang yang dibiayai dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BNI tersebut, sebagai alternatif bagi pengunjung perpustakaan yang bosan membaca di ruang perpustakaan.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, ketika meresmikan Taman Literasi UNS di sisi barat Gedung UPT Perpustakaan, Rabu (11/12/2019) menyatakan, Taman Literasi merupakan hibah untuk bisa dimanfaatkan seluruh sivitas akademika UNS dengan sebaik-baiknya. Di Taman Literasi dengan arsitektur bangunan berbentuk gazebo tersebut, merupakan fasilitas tambahan bagi pengunjung perpustakaan, khususnya para mahasiswa dan dosen UNS.

"Taman Literasi menjadi tambahan fasilitas Perpustakaan UNS. Kalau, misalnya ada yang bosan membaca di dalam ruang perpustakaan, bisa beralih ke Taman Literasi. Di Taman Literasi ini suasananya sangat nyaman, sejuk dan tidak membosankan. Tak menutup kemungkinan, sekali-kali ada kuliah yang digelar di sini," ujar Prof. Jamal.

Kepala UPT Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap, Ph.D, menjelaskan, tujuan pembangunan Taman Literasi merupakan bagian dari upaya UPT Perpustakaan UNS dalam meningkatkan pelayanan kepala pengunjung perpustakaan, utamanya sivitas akademika UNS.

"Dengan tersedianya Taman Literasi, mahasiswa bisa dengan mudah mengakses buku-buku elektronik dan juga jurnal dengan suasana santai dan sejuk. Selain itu, tersedianya fasilitas free wifi di Taman Literasi akan memudahkan mahasiswa mengakses layanan internet," kata Burhanudin.

Head of Regional BNI Yogyakarta, Muhammad Hisyam, mengungkapkan, bantuan fasilitas pendidikan Taman Literasi di perpustakaan merupakan bagian dari kerjasama antara UNS dengan bank plat merah tersebut. Selain di UNS, pihaknya juga menyalurkan bantuan yang sama ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X