Seniman Ciamis: Gedung Kesenian Mirip Tempat Hajatan

- 11 Desember 2019, 18:05 WIB
Gedung kesenian di Ciamis, Rabu (11/12/2019).

KEBERADAAN gedung kesenian di Ciamis disorot oleh para seniman. Pasalnya, gedung yang pembangunannya menghabiskan miliaran rupiah itu dianggap minim fasilitas yang menunjang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan Budaya Ciamis, Dadang Qimos atau lebih dikenal Dang Q. Ia berharap pemerintah bisa merombak tempat pertunjukan seni atau gedung kesenian dengan sesuatu yang lebih representatif.

"Kalau sekarang, meskipun ada gedung kesenian, tetap tidak memadai untuk panggung seni. Padahal di Ciamis banyak seniman yang kualitas," tutur Dang Q, Rabu (11/12/2019).

Dang Q menambahkan, dari sisi akustik, panggung, dan banyak hal lainnya, gedung kesenian tersebut dianggap tak cocok untuk pementasan. Tidak hanya itu, seharusnya gedung kesenian tersebut bangunannya menyerupai bioskop.

"Perbedaan bioskop sama gedung kesenian sebenarnya hanya dari pentasnya saja. Kalau bioskop itu pakai layar dan gedung kesenian ada panggung didepanya dan tidak datar seperti yang sekarang ada. Ujung-ujungnya seperti tempat hajatan saja," ungkapnya.

Masih kata Dang Q, seharusnya Pemkab Ciamis ketika akan membangun gedung kesenian memakai arsitek yang benar-benar paham dan sering membangun gedung seni. Ia pun mengambil contoh di Tasikmalaya, dimana Gedung kesenian di sana bisa dirombok atas dorongan seniman.

"Ya minimal mengumpulkan para seniman yang ada di Ciamis lah. Kita sharing dulu bagaimana membangun gedung kesenian yang benar-benar bermanfaat untuk pentas seni. Jangan kayak sekarang, yang tadinya buat gedung kesenian jadi gedung kesunyian," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X