Berdayakan Mustahik, BAZNAS Kembangkan 500 Ritel

- 12 Desember 2019, 16:46 WIB
/baznas.go.id

BADAN Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan 500 Warung Zmart di Jakarta sebagai penjual eceran (retail). Keberadaan Warung Zmart itu berfungsi untuk pemberdayaan masyarakat golongan penerima zakat (mustahik).

"Ke depan, Zmart diarahkan menjadi market place atau etalase untuk semua produk yang dihasilkan oleh mustahik penerima program BAZNAS," jelas Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Dia berharap Zmart dapat menjadi pusat branding, pemasaran, penjualan dan pengembangan bagi produk mustahik. Program BAZNAS itu bermitra dengan BAZNAS BAZIS DKI Jakarta untuk memberdayakan mustahik.

Ketua BAZNAS BAZIS DKI Jakarta, KH Ahmad Lutfi Fathullah mengatakan, pihaknya memberikan bantuan modal, perlengkapan dagang, renovasi dan branding warung senilai Rp 5 miliar untuk 500 warung mustahik.

"Kami mendukung program Zmart karena sasarannya masuk dalam kategori dhuafa," katanya.

Zmart, kata dia, program yang menyasar kampung sehingga akan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat pemberdayaan dari zakat.

Selain itu, kemitraan dengan BAZNAS pusat akan memperkuat program karena memiliki pengalaman yang sama dalam memberdayakan mustahik.

"Tentunya, hal ini akan sangat terasa untuk mengurangi angka kemiskinan," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X