Pemkab Bandung Bakal Bangun Kolam Retensi di Bumi Harapan Cibiru

- 13 Desember 2019, 10:52 WIB
Kepala DPUTR Kabupaten Bandung Ir. H. Agus Nuria

PEMERINTAH Kabupaten Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) telah membebaskan lahan untuk pembuatan situ di bagian hulu Sungai Citarum.

"Dulu pernah ada situ itu, namun situ itu hilang. Itu terjadi di Situ Pangkalan Kamojang Kecamatan Ibun yang saat ini sedang dikembangkan. Itu kegiatan di hulu sungai, dan di bagian hilir juga melaksanakan berbagai kegiatan lainnya," kata Kepala DPUTR Kabupaten Bandung Ir. H. Agus Nuria saat "Ngawangkong Bari Ngopi 2019" di Taman Uncal Komplek Pemkab. Bandung, Soreang, Jumat (13/12/2019).

Menurut Agus, selain memebaskan untuk pembangunan Situ Pangkalan Kamojang, DPUTR juga berencana membangun embung seluas 1 hektare di Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet.

"Lokasinya sudah kita survei. Selain itu pembangunan kolam retensi  di Bumi Harapan Cibiru dengan memanfaatkan lahan fasum," kata Agus.

"Dengan adanya pembangunan embung atau kolam retensi iu, di saat musim kering tak kekeringan dan di saat hujan tak kebanjiran," katanya.

Agus mengatakan, dengan adanya pembangunan kolam retensi di kawasan Bumi Harapan Cibiru itu mendapat respon dari masyarakat yang cukup baik. Pembangunan kolam retensi di kawasan perumahan itu tak harus belanja lahan, karena memanfaatkan fasum.

"Itu salah satu perumahan yang rawan banjir," katanya.

Agus juga menyikapi tentang kondisi drainase yang tak jalan berpotensi menimbulkan genangan air di jalan. Genangan air berpotensi merusak jalan.

"Genangan air itu salah satunya drainase tak berfungsi karena disebabkan oleh tumpukan sampah," ucapnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X