Demi Keuntungan, Ratusan Nelayan Sukabumi Cari Sotong Hingga ke Perairan Garut

- 15 Desember 2019, 19:44 WIB
Ilustrasi nelayan menimbang sotong atau cumi putih. /mypangandaran

RATUSAN nelayan asal Sukabumi berbondong-bondong mendatangi perairan Garut untuk mencari sotong atau cumi putih yang saat ini memang tengah musim di wilayah Selatan Garut.

Anggota Satpolair Polres Garut, Bripka Sumar menyebutkan, para nelayan yang datang ini berasal dari Ujunggenteng hingga Pelabuhan Ratu. Mereka sengaja datang untuk berburu sotong di perairan Garut guna mendapatkan keuntungan maksimal.

"Saat ini kawasan laut selatan Garut memang tengah musim-musimnya cumi putih. Harga jualnya juga cukup tinggi, di kisaran Rp 65 ribu per kilogram. Kalau cumi biasa paling 15 ribuan perkilogram," ujarnya, Ahad (15/12/2019).

Menurut Sumar, tingginya harga jual sotong ini menjadikan para nelayan dari Sukabumi sengaja datang ke wilayah perairan Garut untuk ikut melaut. Ia menduga, kemungkinan hasil tangkapan di wilayah laut Sukabumi kurang bagus saat ini.

"Memang kalau lagi musim ikan di Garut ini para nelayan dari Sukabumi suka sengaja datang. Waktu musim ikan layur pun, ratusan nelayan dari Sukabumi juga datang mencari ikan di sini," ucapnya.

Sumar menyebutkan, selama musim sotong ini, setiap nelayan sekali turun bisa mendapatkan tangkapan hingga 1,5 kwintal dengan harga jual sekitar Rp 11 juta bahkan lebih. Jumlah tersebut didapatkan oleh para nelayan yang menggunakan perahu congkreng.

Ditambahkan Sumar, biasanya para nelayan yang melaut di wilayah perairan Garut mayoritas masih menggunakan perahu congkreng, baik yang merupakan warga asli Garut maupun pendatang.

"Meski ada yang datang dari luar Garut, kami tetap lakukan pendataan dan himbauan kepada mereka. Memang, kalau masih satu provinsi boleh saja melaut dimana saja tanpa surat andon, kalau antar provinsi harus. Nelayan dari Garut juga suka begitu kalau di Sukabumi sedang musim ikan," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X