Peminjaman Buku Secara Online di Perpusda Cimahi Masih Minim

- 12 Januari 2020, 17:15 WIB
ilustrasi /jabarprov.go.id

KEBEREDAAN sistem pinjam buku secara daring atau online masih kalah saing dengan peminjaman buku secara manual. Hal itu bisa dilihat dari jumlah pengunjung ke dua perpustakaan tersebut yang tercatat di Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi sepanjang tahun 2019.

Jumlah pembaca online melalui sistem E-Library hanya 232 orang. Sedangkan jumlah pembaca yang datang langsung ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Cimahi, Jalan Daeng Moh Ardiwinata mencapai 21.793 orang.

"Masih dominan buku fisik di perpus dan pusling (perpustakaan keliling). Rata-rata yang baca buku Perpusda 80 orang per hari," kata Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi, Harjono saat dihubungi, Minggu (12/1/2020).

Sistem pinjam buku online memang baru diluncurkan sejak tahun lalu. Masyarakat cukup mengunduh aplikasi E-Library melalui Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS dengan mengetik 'Elib Kota Cimahi'.

Setelah mendaftar secara online, pembaca bisa menikmati 1.238 judul buku, dengan total exemplar sebanyak 3.714 buku yang bisa dipinjam dan dibaca secara online. Dikatakan Harjono, ada beragam jenis bacaan yang bisa dimanfaatkan prmbaca tanpa harus repot-repot datang ke Perpusda atau ke toko buku lainnya.

"Novel, komik, umum, agama, teknologi, buku anak. Ada untuk semua kalangan," terangnya.

Meski pembaca manual masih dominan dibandingkan dengan pembaca secara online, pihaknya berharap ke depan tingkat membaca masyarakat Kota Cimahi terus meningkat. Apalagi saat ini sudah diberikan kemudahan dengan adanya E-Library.

"Kami berharap pembaca terus meningkat. Kalau yang online tahun ini hanya 200 lebih, tahun depan bisa meningkat 50 persen," ujar Harjono.

Sebelumnya, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna Priatana mengatakan, aplikasi baca buku online dibuat untuk mengajak masyarakat Kota Cimahi meningkatkan budaya membaca. Khususnya ibu-ibu, agar memanfaatkan smartphone yang dimilikinya tak hanya digunakan untuk bermedia sosial.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X