Berikan Informasi Krusial pada Amerika, Terungkap Intel Israel di Balik Eksekusi Soleimani

- 13 Januari 2020, 16:28 WIB

Amerika Serikat terungkap mengandalkan intelijen Israel dalam eksekusi  jenderal  Qassem Soleimani. Kepala Pasukan Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, Quds Force itu tewas dalam serangan udara AS saat hendak meninggalkan Bandara Internasional Baghdad setelah tiba dari Damaskus, 3 Januari lalu.

Dikutip dari DailyMail, Senin (13/1/2020) jelang eksekusi informan di Damaskus melapor  pada CIA terkait penerbangan yang digunakan Soleimani. Informasi ini dilaporkan dengan  verifikasi dan konfirmasi dari intelijen Israel. Demikian laporan NBC News dan Reuters kemarin.

Qassem Soleimani.

New York Times juga menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjasi satu-satunya pemimpin asing yang mengetahui rencana pembunuhan Soleimani setelah berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters, penyelidik Irak meyakini Amerika dibantu  dua pejabat keamanan di bandara Baghdad dan dua karyawan Cham Wings,  maskapai yang digunakan Soleimani untuk terbang ke Irak. Salah satunya   bertugas sebagai mata-mata di bandara Damaskus dan  rekannya beroperasi  di dalam pesawat.

Detik-detik saat rudal menghantam kendaraan Soleimani.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X