BPJamsostek Naikkan Santunan Meninggal Peserta Hingga Rp42 Juta

- 16 Januari 2020, 05:48 WIB
Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bandung Suci, Suhedi

BPJS Ketenagakerjaan atau  yang kini juga dikenal BPJamsostek melalui salah satu Kantor Cabangnya, Bandung Suci akan terus mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) No. 82 Tahun 2019 tentang Penyelenggaran Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Kematian.

Kepala BPJamsostek Bandung Suci Suhedi mengatakan, dengan berlakunya PP tersebut, saat ini banyak sekali peningkatan manfaat yang diberikan bagi peserta. Salah satunya yakni manfaat JKM berupa santunan meninggal naik hingga Rp42 juta.

“Untuk program JKM ini, mengalami peningkatan manfaat yang cukup signifikan. Selama ini, manfaat yang diterima ahli waris terdiri dari santunan kematian, diberikan secara sekaligus dan berkala selama 24 bulan, bantuan biaya pemakaman dan beasiswa untuk 1 orang anak dengan total manfaat sebesar Rp24 juta,” katanya kepada Galamedianews, di Bandung, Rabu (15/1/2020).

Dengan disahkannya peraturan ini, katanya,  total manfaat santunan JKM meningkat sebesar 75% menjadi Rp42 juta. Hal ini, tidak terlepas dari kepedulian pemerintah guna membantu meringankan beban pekerja atau keluarganya yang ditinggalkan.

“Adapun perincian seperti, santunan kematian program JKM naik dari Rp16,2 juta menjadi Rp20 juta, santunan berkala meninggal dunia dari Rp6 juta untuk 24 bulan menjadi Rp 12 juta, dan biaya pemakaman naik dari Rp3 juta menjadi Rp10 juta,” ujar Suhedi.

BPJamsostek akan memastikan setiap peserta khususnya di Kantor Cabang Bandung Suci akan mendapatkan haknya secara utuh. Tentunya, juga santunan yang nanti dibayarkan dapat bermanfaat bagi ahli warisnya.

“Kami akan memastikan hak peserta bisa diterima oleh memang yang berhak menerimanya. Tentunya, agar dapat bermanfaat untuk meneruskan kehidupannya bagi mereka yang ditinggalkan,” ujar Suhedi. (Krisbianto).**

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X