Perhutani Divre Jatim Perkuat Kolaborasi dengan Masyarakat Desa Hutan untuk Bangun Produk Kompetitif

- 16 Januari 2020, 07:40 WIB

PERHUTANI Divisi Regional (Divre) Jawa Timur memperkuat kolaborasi bersama masyarakat desa hutan dengan memberikan penyuluhan dan pendampingan untuk membangun suplai multi produk secara kompetitif dalam menghadapi perubahan model bisnis di tahun 2020.

Kepala Perhutani Divre Jawa Timur Oman Suherman melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya Kamis (16/1/2020) mengatakan peningkatan kolaborasi itu sesuai dengan pesan CEO 2020 "Serving People Taking Care Planet For Sustainability" yaitu membangun keunggulan kompetitif masyarakat desa melalui perbaikan proses bisnis tingkat tapak dengan prinsip simple, accountable dan transparan yang berbasis teknologi platform digitital Socio-Partnership.

"Serving People dalam pelaksanaannya akan dilakukan identifikasi masalah sosial yang terjadi saat ini dan memperkuat kolaborasi dengan masyarakat desa hutan secara kolektif serta memberikan penyuluhan dan pendampingan untuk membangun suplai multi produk secara kompetitif dalam menghadapi perubahan model bisnis dari orientasi produk menjadi pemasaran berbasis platform," katanya saat rapat evalusi kinerja tahun 2019 dan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di lokasi Wisata Tanjung Papuma, Kabupaten Jember, Jatim.

Menurutnya, Taking Care Planet adalah perbaikan dan penjagaan Sumber Daya Hutan (SDH) melalui redesain pengelolaan SDH, perbaikan pengelolaan tanaman, penanganan gangguan keamanan hutan, penerapan sistem digitalisasi SDH yang terkoneksi dengan Sistem Informasi SDH.

"Sedang For Sustainability adalah segala kegiatan perusahaan yang memiliki tujuan untuk berkelanjutan sehingga hutan dapat menjalankan fungsi profit, people dan planet secara optimal," terang Oman.

Ia menjelaskan, sebelumnya telah dilakukan kegiatan istighotsah dan pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak 34 orang, bersih-bersih pantai dan penanaman pohon bersama di sekitar lokasi Wisata Tanjung Papuma.

"Dilanjutkan dengan meninjau lokasi agroforestry di Kampung Durian Pakis ( KDP ) dan LMDH yang menerima surat keterangan (SK) Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Suci," katanya.

Kegiatan tersebut diikuti segenap jajaran manajemen dari Kantor Divre Jawa Timur, segenap Administratur Perhutani dan Kepala Pengelolaan Hutan Wilayah (KPHW) se wilayah Jawa Timur.

Editor: Rosyad Abdullah


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X