PSI Jabar Ajak Warga Bersolidaritas Atas Nasib Mahasiswa Netra Wyata Guna

- 16 Januari 2020, 23:36 WIB
/istimewa

Partai Solidaritas Indonesia Jawa Barat mengajak warga, aktivis dan mahasiswa memberikan solidaritas terhadap nasib mahasiswa disabilitas netra di Wyata Guna. Karena sebanyak 32 mahasiswa netra yang tinggal di asrama Wyata Guna telah diusir dari asrama dan terpaksa harus tidur di trotoar.

Ajakan ini disampaikan Furqan AMC, Ketua DPW PSI Jabar saat mendatangi lokasi trotoar tempat mahasiswa netra menginap di depan Balai Wyata Guna, Rabu dini hari, (15/01). Dalam kesempatan tersebut Furqan didampingi oleh Yoel Yosafat dan Christian Julianto, anggota DPRD Kota Bandung.

Mahasiswa netra yang tinggal di asrama Wyata Guna tidak hanya terancam haknya terhadap tempat tinggal tapi juga terancam kelangsungan pendidikannya, bahkan beberapa dari mereka sudah ada yang terpaksa meninggalkan kota Bandung dijemput keluarganya.

"Ini pasti kerugian besar bagi masa depan mereka,” kata Furqan.

Menurut Furqan, seharusnya negara lebih bertanggung jawab memfasilitasi hak-hak dasar mahasiswa netra ini. Peristiwa ini harus menjadi momentum bersama bagi warga kota Bandung untuk bisa menunjukkan kepedulian sosial dan menunjukkan kesetiakawanan.

“Ayo kita tunjukkan solidaritas terhadap semua ketertindasan yang dialami warga Negara, siapapun dia,” tegas Furqan.

Dalam kesempatan tersebut Furqan menghimbau, agar mahasiswa dan teman-teman seperjuangan untuk berbagi tugas mendampingi teman-teman mahasiswa netra Wyata Guna dalam menunggu perhatian dari pemerintah.

Selanjutnya Yoel Yosafat, angota DPRD kota Bandung dari Fraksi PSI menyayangkan pengusiran yang dialami mahasiswa netra asrama Wyata Guna. Menurutnya, seharusnya kondisi ini tidak harus dialami mahasiswa netra ini.

“Apapun penyebabnya, saya harap ada perbaikan kehidupan yang layak buat teman-teman disabilitas kota Bandung,” terang Yoel.

Halaman:

Editor: boedi azwar


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X