Damri Trayek Cimahi-BIJB Disarankan Perpanjang Rute Hingga ke Soreang

- 17 Januari 2020, 17:36 WIB
/dok

SEJAK dibuka Agustus 2019 lalu, bus Damri trayek Kota Cimahi menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka sudah mengangkut 3.742 orang. Jumlah tersebut dihitung hingga Desember 2019.

Rinciannya, Agustus sebanyak 288 orang, September 961 orang, Oktober sebanyak 812 orang, November sebanyak 746 orang dan Desember sebanyak 935 orang. Para penumpang itu diangkut menggunakan layanan gratis Damri.

"Dari sisi jumlah penumpang yang berangkat dari Cimahi ke BIJB Kertajati dan juga sebaliknya, terdapat peningkatan signifikan. Total penumpang sebanyak 3.742 orang," terang Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Ranto Sitanggang di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Jumat (17/1/2020).

Menurutnya, penumpang yang memanfaat layanan bus Damri subsidi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI itu berasal dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Sama saja jumlahnya dari tiga wilayah itu. Kalau rata-rata per hari masih minim hanya 25 kalau dari Cimahi," katanya.

Dalam rapat evaluasi, terang Ranto, Dishub Kabupaten Bandung meminta agar dibuka trayek khusus dari Soreang, Kabupaten Bandung.

"Tapi kami sarankan lebih baik perpanjangan rute saja. Jadi dari Soreang nanti masuk ke Cimahi baru ke BIJB Kertajadi. Jadi lebih efektif," jelas Ranto.

Layanan bus Damri dari Cimahi-BIJB Kertajati masih berlaku gratis hingga Agustus mendatang. Kepastian pelayanan gratis itu didapat setelah adanya evaluasi dengan pihak Damri, Dishub Provinsi Jawa barat dan Kemenhub RI.

"Iya diperpanjang untuk pelayanan secara gratis ke masyarakat sampai dengan bulan Agustus 2020," terang Ranto.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X