Ricky Brabec Ukir Sejarah di Ajang Reli Dakar

- 17 Januari 2020, 19:03 WIB

PEBALAP tim Honda Ricky Brabec mengukir sejarah sebagai orang Amerika Serikat pertama yang meraih gelar juara reli Dakar setelah menyelesaikan 12 etape yang digelar di daratan Arab Saudi.

Brabec menyelesaikan etape terakhir dari Haradh menuju Qiddiya, Jumat (17/1/2020), 53 detik di belakang juara etape Jose Cornejo, rekan satu timnya. Ia meredam Pablo Quintanilla dari tim Husqvarna yang harus puas menjadi runner-up klasemen dengan jarak 16 menit dari Brabec.

Toby Price dengan motor KTM melengkapi podium pada peringkat tiga setelah gagal mempertahankan gelar.

"Pada akhirnya, kami melengkapi puzzle ini. Kami tak bisa melakukannya tanpa setiap pebalap yang ada di tim. Aku sangat senang. Ini adalah Dakar kelimaku, kedua kalinya saya menyelesaikannya," kata Brabec seperti dikutip laman resmi Dakar.

"Saya bangun pagi ini merasa senang untuk membalap di hari terakhir. Dan tibalah kami di sini. Kami menang!"

"Kami harus bermain pintar dan fokus setiap hari. Tak ada pebalap teratas di dalam tim, kami semua bekerja sama, kami adalah keluarga. Semua menang.

"Brabec mengawali debut Dakar pada 2016. Edisi terakhir Dakar yang digelar di Amerika Selatan tahun lalu menjadi mimpi buruk bagi Brabec.

Dia memimpin hingga etape VII dari sepuluh yang digelar tahun lalu namun gagal menyelesaikan etape berikutnya karena kerusakan mesin.

Brabec juga harus memulihkan diri dari cedera yang dia alami setelah berpartisipasi pada reli Sonora sebelum turun di Dakar tahun ini.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X