KPA: Jumlah Kasus HIV/AIDS di Sumedang Meningkat Tajam

- 21 Januari 2020, 10:19 WIB

ORANG dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Sumedang terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu terungkap dala acara diskusi perananan pers dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS yang digagas KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kab.Sumedang, bertempat di Sapphire City Park, Sumedang, Selasa (21/1/3020).

Ketua KPA Kab.Sumedang Hj.Retno Ernawati mengatakan, berdasarkan data yang ada, ODAH pada tahun 2015 ada 41 kasus, dengan jumlah kematian 1 orang. Tahun 2016 sebanyak 67 kasus, meninggal 2 orang. Tahun 2017 terjadi 100 kasus, dengan kematian 4 orang. Lalu di Tahun 2019 ada 60 kasus dengan jumlah kematian 4 orang.

"Sedangkan pada Tahun 2019 ODHA mengalami peningkatan yang cukup memprihatinkan. Yaitu ada 114 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 6 orang," kata Retno.

Dari temuan kasus sebanyak itu, faktor resiko paling tinggi terjadi pada populasi LSL (lelaki suka lelaki), dengan jumlah temuan sebanyak 104 kasus. Angka tersebut jauh di atas resiko waria dan odha, yang masing-masing berada pada angka 6 dan 8 kasus.

Sedangkan dari jenjang usia, sebut Retno, temuan kasus HIV/AIDS dinominasi usia produktif yakni 25-49 tahun.

Menyikapi hal itu, KPA Sumedang terus berusaha untuk melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan HiV/AIDS.

"Di antaranya dengan membangun jejaring dan meningkatkan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, termasuk dengan pers. Selain itu kegiatan promotif dan Prefentif juga terus kita lakukan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Retno berharap agar para orang tua bisa mengontrol perubahan perilaku pada anak-anaknya. Hal itu mengingat pernanan keluarga, cukup efektif untuk melakukan pencegahan dini HIV/AIDS.

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X