Kios di Pasar Guntur Kembali Terbakar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

- 21 Januari 2020, 22:12 WIB
/pikiran-rakyat

KEBAKARAN kembali melanda bangunan kios di Pasar Induk Guntur Ciawitali Garut, Selasa (21/1/2020). Tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, Wawan Sobarwan, menyebutkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.25 WIB. Lokasi kios yang terbakar berada di belakang Kantor Disdamkar Kabupaten Garut, tepatnya di Blok G.

"Terdapat dua lapak dan satu kios yang terbakar, yaitu milik Pak Uju di Blok G dengan ukuran 2x4 meter," ujarnya, Selasa (21/1/2020).

Menurut Wawan, berdasarkan keterangan sejumlah saksi, api diketahui sudah menyala besar di dalam kios, dan saksi pun langsung melaporkannya ke kantor Disdamkar yang lokasinya tidak begitu jauh dari kios yang terbakar.

Dugaan sementara, terang Wawan, api kemungkinan berasal dari konsleting arus pendek listrik di dalam kios. Api dengan cepat membesar dan menyebar karena di dalam kios banyak barang yang mudah terbakar.

Wawan menyebutkan, begitu menerima laporan, pihaknya pun langsung bertindak cepat dengan mengirimkan sejumlah anggota dan dua unit mobil damkar ke lokasi. dalam kurun waktu sekitar 15 menit, api sudah berhasil dipadamkan sehingga tak sampai merembet ke kios lainnya.

"Untuk jumlah kerugian materi, sampai saat ini belum bisa dipastikan. Petugas masih melakukan penghitungan," ucapnya.

Wawan menambahkan, dalam upaya pemadaman api, pihaknya juga dibantu banyak pihak, seperti masyarakat, Ikatan Warga Pasar (Iwapa), Satgas Pasar, serta unsur lainnya.

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X