Candi Baru Ditemukan Tak Jauh dari Candi Dieng?

- 22 Januari 2020, 13:57 WIB

BALAI Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah akan segera melakukan ekskavasi terhadap temuan batuan yang diduga bangunan candi di lahan kentang milik warga Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara.

"Rencananya nanti kita usahakan bisa secepatnya kita lakukan ekskavasi untuk mengetahui lebih lanjut struktur-struktur batuan tersebut," kata Ketua Unit Candi Dieng BPCB Jateng Eri Budiarto saat dihubungi Antara dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (22/1/2020).

Ia mengatakan, pihaknya pada hari Selasa (21/1/2020) telah datang ke lokasi penemuan batuan tersebut di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Dari hasil pengecekan, kata dia, batuan yang ditemukan di lahan kentang milik Alif Faozi tersebut diduga sebagai struktur batuan candi.

"Kalau dilihat dari temuannya kan ada fondasi batu penampil di sebelah timur. Jadi, kita perkirakan candi itu menghadap ke timur," katanya.

Ia mengatakan dari struktur yang tampak, bangunan candi tersebut diperkirakan tidak besar dengan perkiraan ukuran 3,5x3,5 meter.

Eri mengakui jika sebenarnya di kawasan Dataran Tinggi Dieng hingga saat ini sering kali ditemukan adanya batuan candi.

Akan tetapi, kata dia, temuan batuan di lahan kentang milik Alif Faozi tersebut masih tertata tidak seperti yang sering ditemukan di tempat lainnya.

"Masih banyak yang di situ, strukturnya masih asli, cuma beberapa bagian kan sudah mengalami tranformasi. Bagian batu, tubuh, dan atap mengalami transformasi ke utaranya, mungkin karena longsor. Mungkin juga beberapa bagian sudah diambil penduduk pada zaman yang sudah lama untuk talut-talut tebing dan tegalan," katanya.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X