UMKM Mampu Bertahan Ketika Terjadi Krisis Perekonomian Nasional

- 27 Januari 2020, 20:31 WIB

USAHA Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia. Sementara di Kabupaten Bandung Barat, berdasarkan data tahun 2016, jumlah pelaku UMKM mencapai sekitar 20.000 orang.

"Terbukti, meski usaha para pelaku ekonomi ini berskala kecil mampu bertahan ketika terjadi krisis perekonomian nasional. Mereka lebih kuat dibandingkan pengusaha besar yang justru bertumbangan," kata Ketua Umum Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah (Hipmikindo) Kabupaten Bandung Barat, Saiful Rachman di Ngamprah, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, UMKM adalah bentuk penguatan ekonomi masyarakat dan menjadi penunjang sektor ril ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Dengan menumbuhkan dan menguatkan kegiatan usaha produktif UMKM, akan membantu memperluas lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bandung Barat.

"Atas dasar itulah, para pelaku UMKM di Bandung Barat membentuk Hipmikimdo sebagai wadah berhimpunnya masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Tujuan dibentuknya organisasi ini untuk  ikut berperan aktif memajukan usaha dan ekonomi masyarakat," paparnya.

Keberadaan Hipmikindo Kabupaten Bandung Barat merupakan mitra Pemerintah Daerah Bandung Barat yang berkaitan dengan usaha atau industri mikro kecil dan menengah. "Support dari berbagai elemen, baik itu pemerintah, swasta dan organisasi usaha, tentu dibutuhkan untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam membuka usaha mikro, kecil dan menengah," harapnya.

Sejatinya, lanjut Saiful,  pemerintah daerah hadir terdepan memberikan energi positif dan membuka ruang sinergi serta kolaborasi, agar para pengusaha mikro kecil dan menengah dapat tumbuh subur dan maju.

"Efek dominonya, tumbuh perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Diakuinya, nama Hipmikimdo  belum sefamiliar himpunan atau organisasi wirausaha lainnya. Oleh karena itu, untuk memperkenalkannya jajaran pengurus mengadakan  silaturahmi dan sosialisasi keberadaan Hipmikimdo kepada Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan beberapa dinas terkait.

"Kami sampaikan legalitas dan program Hipmikimdo Kabupaten Bandung Barat ke depan dengan harapan kami bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah  daerah dalam menumbuhkan perekonomian di daerah," tandasnya.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X