UPI Persipakan 35 Prodi Baru Dukung Kampus Merdeka

- 21 Februari 2020, 19:03 WIB

UNIVERSITAS Pendidikan Indonesia (UPI) mempersiapkan 35 program studi (prodi) baru, untuk merespon kebutuhan masyarakat dan tantangan dunia industri di masa depan. Lebih jauh, upaya tersebut sebagai implementasi strategi kampus masa depan, dalam mendukung Kampus Merdeka.

Direktur Direktorat Akademik UPI, Asep Supriyatna mengatakan, sebanyak 17 program studi baru sudah berdiri dari tahun 2018 lalu. Sementara yang masih dalam proses pengajuan pada 2020, sebanyak 18 program studi.

"Strategi kampus masa depan UPI sebagai implementasi dan langkah nyata terhadap kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Kampus Merdeka," ungkapnya kepada wartawan di Kampus UPI, Jln. Setiabudi, Kota Bandung, Jumat (21/2/2020).

Menurutnya terkait program Kampus Merdeka, pihaknya telah lama menerapkannya dengan mahasiswa yang belajar di luar kampus. Lebih jauh, pihaknya sudah siap untuk perusahaan atau industri, yang menjadi tempat magang mahasiswa.

Diakuinya, dengan jumlah mahasiswa UPI yang mencapai puluhan ribu, maka dibutuhkan industri atau perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

"Jumlah mahasiswa UPI untuk satu angkatan itu, mencapai 10 ribu orang. Maka dibutuhkan dua arah, baik informasi maupun kreativitas mahasiswanya sendiri," katanya.

Dikatakannya, UPI berkomitmen dalam mengembangkan program Hak Belajar Tiga Semester, sesuai dengan ketentuan Kemendikbud RI. Mengingat bahwa program tersebut, bukan hal baru bagi kampusnya.

"Bukan hal baru bagi, tapi karena sekarang dimunculkan lebih jelas. Padahal kita sudah bisa mengimplementasikan, namun perlu menyesuaikan kurikulum sebab tidak bisa asal-asalan," jelasnya.

Disinggung terkait orientasi lulusan, diakuinya, bahwa kerap terjadi lulusan yang tidak sesuai antara dunia kerja dan disiplin ilmunya. Akan tetapi, hal tersebut dapat menjadi nilai lebih atau positif bagi lulusan UPI.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X