Besok, Masjid Agung Cimahi Tak Akan Gelar Salat Jumat

- 26 Maret 2020, 14:35 WIB

PENGURUS Masjid Agung Cimahi akhirnya membuat kebijakan untuk menutup sementara segala kegiatan peribadahan, termasuk salat Jumat. Hal tersebut untuk menghindari meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kota Cimahi.

"Salat berjamaan lima waktu, pengajian, kajian dan sejenisnya, dihentikan sementara. Semua kegiatan yang melibatkan orang banyak dan diyakini dapat menjadi media penyebaran virus corona, dihentikan dulu," ungkap Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Dadan Darmawan saat dihubungi, Kamis (26/3/2020).

Keputusan penutupan sementara itu, kata Dadan, merupakan hasil rapat pengurus masjid, serta imam DKM Masjid Agung Cimahi pada Rabu (25/3/2020) kemarin.

"Ini juga memperhatikan kebijakan pemerintah tentang penanganan wabah virus corona, fatwa MUI tentang ibadah pada saat persebaran wabah, dan situasi terakhir persebaran virus corona di Kota Cimahi," bebernya.

Dari berbagai pertimbangan tersebut, dan keputusan rapat pengurus masjid, DKM Masjid Agung Cimahi mengeluarkan maklumat bahwa untuk sementara waktu pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung Kota Cimahi ditiadakan.

"Masyarakat masih bisa melaksanakan salat lima waktu, kami fasilitasi di area plaza atau area payung. Namun dengan pengawasan yang terkendali oleh petugas satpam. Mereka (jemaah) tidak boleh berlama-lama, selesai salat di silahkan kembali," katanya

"Dan kami tetap tidak mengijinkan kegiatan yang melibatkan banyak orang atau berkumpul," tambah Dadan.

Penutupan ini berlangsung hingga waktu yang belum bisa ditentukan, sampai pada kondisi ketenangan dan keamanan terjamin bagi jemaah. "Sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Kami lihat perkembangan, dan arahan dari pemerintah saja," sebutnya.

Berdasarkan pantauan, terlihat ada beberapa jemaah yang sedang melaksanakan salat Duhur di area payung, yang lokasinya berada di teras Masjid Agung Cimahi. Usai menjalankan salat, mereka langsung membubarkan diri.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X