Tak Punya Biaya Pengobatan, Bocah Yatim Piatu Dievakuasi Ke Puskesmas

- 3 April 2020, 18:03 WIB
Kodisinya yang semakin memburuk Haikal akhirnya dievakuasi aparat setempat dibantu warga ke Puskesmas Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya.

MENDERITA penyakit maningitis kondisi Haikal Putra Hareiansah (6,5) terus memburuk. Hal tersebut ditambah dengan tidak terawatnya bocah tersebut karena faktor ketiadaan biaya.

Haikal saat ini hanya dirawat oleh kakeknya Nohri (64) yang tinggal di Kampung Wangun RT 03 RW 01 Desa Wandasari, Kabupaten Tasikmalaya, karena kedua orang tuanya Hanei Hareiansah dan Enung Susilawati telah meninggal.

Kondisi bocah malang itu terus memburuk seiring dengan penyakit yang dideritanya itu yang menggerogotinya. Sehingga Nohri tak kuasa lagi dan memberitahukan kepada aparat desa Wandasari kondisi cucunya tersebut.

"Saya sangat sedih melihat cucu kesehatannya terus memburuk. Pernah dirawat di RS SMC Singaparna selama 8 hari. Namun karena tidak ada biaya, maka pengobatannya tidak dilanjutkan," katanya saat sambil berkaca-kaca, Jumat (3/4/2020).

Babinsa Desa Wandasari Koramil 1221 Taraju, Sertu Romi Oftiano mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari Sekretaria Desa mengenai kondisi salah satu anak yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Bersama aparat lainnya dibantu oleh warga kemudian Haikal dievakuasi ke Puskesmas Bojonggambir.

"Kondisi anak tersebut terlihat mengkhawatirkan saat dievakuasi. Selain itu, kondisi perekonomian keluarganya juga sangat memprihatinkan," katanya.

Dari keterangan pihak keluarga, Haikal sebelumnya pernah dirawat di RS SMC selama 8 hari atas rujukan Puskesmas Bojonggambir. Haikal didiagnosis menderita penyakit maningitis atau radang selaput otak. Karena keterbatasan biaya keluarga, pengobatan tidak dilanjutkan dan bocah malang itu kembali dibawa pulang.

"Saat ini sudah ditangani pihak Puskesmas, meski kondisinya belum ada perkembangan. Mudah-mudahan bisa secepatnya sembuh," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X