Perenang Peraih Emas SEA Games Tutup Usia Akibat Covid-19

- 17 April 2020, 20:04 WIB
Lukman Niode

MANTAN atlet renang Indonesia, Lukman Niode menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat (17/4/2020) setelah dinyatakan positif terinfeksi penyakit virus corona (Covid-19). Kabar tersebut disampaikan kakak kandung Lukman, Idrus Niode.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil Swab Test yang dilakukan di Rumah Sakit (RS) Pelni, Jakarta, Rabu (15/4/2020), adiknya itu dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

"Di RS Pelni, Lukman melakukan tes swab pada Rabu dan hasil tesnya positif Covid-19. Yang saya bingung, dia ini kenanya di mana," kata Idrus kepada pewarta, Jumat.

"Padahal beberapa waktu sebelumnya, dia sudah melakukan dua kali rapid test di RSPI (Rumah Sakit Pondok Indah), dan hasilnya negatif," sambung dia.

Menurut Idrus, pihak RSPI juga sebelumnya menyatakan bahwa adiknya itu hanya terinfeksi bakteri, bukan virus corona. Namun ketika menjalani tes thorax (rontgen paru-paru) ternyata ditemukan flek pada paru-parunya.

Di RS Pelni, kondisi Lukman Niode memburuk dan mengeluhkan mengalami sesak napas sehingga ia harus dipasang alat bantu pernapasan (ventilator). Hingga akhirnya ia meninggal dunia pukul 12.58 WIB

Berdasarkan video yang diterima pewarta, proses pemakaman Lukman Niode di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan juga tak dihadiri oleh pihak keluarga. Pihak yang menguburkan pun tampak menerapkan prosedur dan ketetapan (protap) penguburan orang yang positif Covid-19.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga sebelumnya harus mengirimkan surat kepada RS Pelni agar bisa mengebumikan Lukman Niode di TPU Jeruk Purut.

Lukman Niode merupakan atlet renang nasional era 1970-1980an. Setelah pensiun sebagai atlet, dedikasinya di olahraga tak pernah berakhir bahkan hingga akhir hayatnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X