Solidaritas Beras PSI Jawa Barat Untuk Pekerja Informal Menjelang PSBB Bandung Raya

- 21 April 2020, 22:23 WIB

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Bandung Raya akan resmi berlaku Rabu 22 April 2020 hingga Selasa 5 Mei 2020. Tujuan PSBB tidak lain untuk mencegah pergerakan warga mengantisipasi  persebaran Covid-19. Waktu PSBB Bandung Raya juga akan bersamaan dengan bulan suci Ramadhan.

Menghadapi dua momen, PSBB dan Ramadhan, tersebut DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Barat tergerak untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Bantuan tersebut berupa beras ratusan kilogram hasil swadaya kader PSI Jabar dan ratusan masker sumbangan dari simpatisan.

Bantuan ini diberikan kepada para pekerja informal yang terdampak wabah Covid-19 di kawasan Cicadas, Antapani, Cikutra, Cicaheum, Suci dan beberapa titik lainnya di Kota Bandung, Selasa (21/4/2020).

"Tidak semua dalam kondisi berkecukupan menghadapi PSBB, apalagi ini menjelang Ramadhan, karena itu selain mengandalkan bantuan pemerintah, kita juga perlu bersolidaritas dengan para pekerja informal," kata Furqan AMC, Ketua DPW PSI Jawa Barat.

Namun pada kesempatan yang sama, Furqan AMC, mengingatkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah kabupaten/kota untuk secepat dan setransparan mungkin menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Ia menegaskan, transparansi penting agar rakyat bisa percaya dengan langkah-langkah yang diambil pemerintah. Ia meminta agar pemerintah membuka semua data penerima bantuan. Dengan demikian semua unsur masyarakat bisa saling mengingatkan dan saling menjaga di tengah situasi krisis ini.

Untuk diketahui, PSBB Bandung Raya akan segera berlaku menyusul telah ditekennya Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar 30/2020 tentang pedoman PSBB serta Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 443/Kep-240-Hukham/2020 tentang Pemberlakuan PSBB di daerah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang dalam rangka percepatan penanganan virus corona (Covid-19).

Di sela sela kegiatan Indri Hafsari selaku kordinator, menjelaskan bahwa rencananya program Solidaritas Beras akan terus dilanjutkan dengan mengajak sebanyak mungkin kader, simpatisan maupun para donatur untuk berbagi beras. "Masing-masing bisa berbagi beras 5 kg, 10 kg, atau 25 kg, berapun kami terima" ujarnya.

Indri juga menambahkan, bantuan juga bisa disalurkan melalui rekening BCA 437 246 3299 atas nama Partai Solidaritas Indonesia.

Halaman:

Editor: boedi azwar


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X