Pemkab Garut Siap Laksanakan PSBB Mulai 6 Mei

- 30 April 2020, 13:49 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan, memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan di Pendopo Kabupaten Garut, Kamis (30/4/2020). 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Garut siap untuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar seperti yang diajukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat ke Kementrian Kesehatan.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, pelaksanaan PSBB masih menunggu persetujuan dari pemerintah pusat. Menurutnya, jika disetujui rencananya akan dilakukan mulai Rabu, 6 Mei 2020 pekan depan.  

"Ya, kita persiapkan semua kebutuhannya. Pengendalinya nanti dari gugus tugas provinsi atau pak gubernur," ujarnya usai menggelar rapat dengan seluruh unsur Forkopimda Garut di ruang Pamengkang, Komplek Pendopo Kabupaten Garut, Kamis (30/4/2020).

Rudy menyebut pihaknya mendukung kebijakan gubernur terkait PSBB. Jika PSBB disetujui, terang Rudy, pihaknya sepakat akan melaksanakan secara parsial. Artinya PSBB hanya akan diterapkan di beberapa kecamatan saja.

"Jadi tidak seluruh Garut. Hanya beberapa daerah yang dikaji dari pandemi, aspek jumlah penduduk, keramaian, aspek sosial, ekonomi, keamanan, dan ketertiban," ucapnya.

Kendati begitu, pihaknya belum memutuskan kecamatan mana saja yang akan menerapkan PSBB. Menurutnya, hal itu akan diputuskan setelah menerima surat dari gubernur.

"Jika sudah diberi izin PSBB, secara paralel kami akan segera melakukan langkah-langkah persiapan pembuatan Perbup PSBB," katanya.

Rudy menuturkan, nanti dasar pembuatan Perbupnya berdasarkan dari Pergub.  Saat ini pihaknya masih menunggu. Seperti di Leles yang merupakan daerah industri, apakah boleh beroperasional atau tidak.

"Jadi kami masih tunggu kisi-kisi dari pak gubernur," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X